Hasuna Soraya Balqis Hany Ni’amy, Hanumatul (2025) MANAJEMEN PROGRAM TAPOS (TAMAN POSYANDU) DALAM MEMENUHI HAK-HAK ANAK DI DESA SRAGI KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
Hanumatul Hasuna Soraya Balqis Hany Ni’amy_NIM 211101030028.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemenuhan hak anak sejak dini menjadi isu penting, khususnya terkait
pendidikan, kesehatan, pengasuhan, maupun berkaitan dengan hak bersosialnya.
Program TAPOS (Taman Posyandu) hadir sebagai strategi terpadu yang
mengintegrasikan layanan posyandu, PAUD, dan Bina Keluarga Balita (BKB)
untuk mendukung pemenuhan hak anak secara optimal. Melalui manajemen
program yang melibatkan kader, orang tua, dan pemerintah, TAPOS diharapkan
mampu mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan terlindungi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
program TAPOS dalam memenuhi hak-hak anak di Desa Sragi Kecamatan
Songgon Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan program TAPOS
dalam memenuhi hak-hak anak di Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten
Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi program TAPOS dalam memenuhi hak-hak
anak di Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi? Tujuan
penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan program TAPOS dalam
memenuhi hak-hak anak di Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten
Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program TAPOS dalam memenuhi
hak-hak anak di Desa Sragi Kec amatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. 3)
Mendeskripsikan evaluasi program TAPOS dalam memenuhi hak-hak anak di
Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Menggunakan teknik pengumpulan data
observasi partisipasi pasif, wawancara partisipan, serta studi dokumen. Uji
keasbsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, serta
member cek. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles
Huberman dan Saldana yaitu melalui kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Perencanaan program telah
disusun dengan memperhatikan kebutuhan anak dan kondisi masyarakat.
Perencanaan dilakukan dengan cara yang sederhana namun mencakup penetapan
kegiatan mingguan, kesiapan sarana prasarana, serta keterlibatan berbagai pihak
untuk mendukung jalannya kegiatan. 2) Pelaksanaan program telah berjalan sesuai
dengan rencana melalui pemanfaatan sumber daya secara maksimal guna
memenuhi hak-hak dasar anak di berbagai aspek melalui program yang
dilaksanakan. 3) Evaluasi program dilakukan melalui metode evaluasi CIPP.
Evaluasi context menunjukkan bahwa TAPOS hadir sebagai respon atas
kebutuhan anak untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak. Evaluasi input
memperlihatkan ketersediaan dan pemanfaatan sumber daya secara maksimal.
Evaluasi proses dilakukan secara sederhana melalui koordinasi bersama PKK.
Evaluasi produk menunjukkan bahwa program TAPOS secara efektif dapat
memastikan hak-hak anak dapat dipenuhi secara maksimal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program, TAPOS (Taman Posyandu), Hak-Hak Anak |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | ms Hanumatul Hasuna Soraya Balqis Hany Ni'amy |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 01:28 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
