Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowToon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah

Jennah, Miftahul (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowToon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jennah_212101090042.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta, juga merupakan pendorong utama dalam kemajuan bangsa . Namun, kenyataannya tidak semua siswa memiliki semangat belajar yang tinggi. Motivasi belajar memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan belajar. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di kelas VII SMP Plus Darus Sholah, peneliti menemukan bahwasanya terdapat beberapa kendala terkait rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk mengatasinya dengan berbagai pendekatan. Salah satu cara yang bias kita lakukan adalah dengan memanfaatkan informasi dan teknologi (IT) dalam media pembelajaran. Integrasi teknologi dalam pembelajaran sangat bermanfaat, terutama terhadap motivasi belajar siswa selama kegiatan di kelas. Salah satu contoh media pembelajaran berbasis teknologi yang bisa kita manfaatkan adalah media PowToon, yang berfungsi untuk mendukung dan membangun motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran PowToon terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Plus Darus Sholah”. Dengan adanya tujuan penelitian diatas maka Rumusan masalah penelitian dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran PowToon terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian ini adalah non equivalent Pretest Posttest control group design. Terdiri dari kelas eksperimen, kelas kontrol. populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII G yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII E 30 siswa sebagai kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposif sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner/angket, sedangkan uji instrument penelitian yaitu menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelahnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji homogenitas sebelum teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent sampel t-test. Data dianalisis menggunakan bantuan Software SPSS versi 30.
Hasil Penelitian ini dapat di analisis dengan menggunakan uji Independent sampel T-test yang memperoleh nilai signifikansi (Sig.) (2-tailed) sebesar 0,001, yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) <0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran PowToon terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Darus Sholah.

Kata Kunci: Media PowToon, Motivasi belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PowToon terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Plus Darus Sholah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VII G sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media PowToon terhadap motivasi belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: Media PowToon, Motivasi belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Miftahul Jennah
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:18
Last Modified: 04 Nov 2025 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49093

Actions (login required)

View Item View Item