Inovasi Palayanan Dalam Meningkatkan Pendapatan Koperasi Sekolah di MA Al Amien Sesa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Ayu, Maharani (2025) Inovasi Palayanan Dalam Meningkatkan Pendapatan Koperasi Sekolah di MA Al Amien Sesa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYU MAHARANI_E20192043_251104_094142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayu Maharani, Dr. Nikmatul Masruroh, S.E., M.E.I.: Inovasi Pelayanan Dalam Meningkatkan Pendapatan Koperasi Di MA Al Amien Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Inovasi pelayanan, model pelayanan, pendapatan dan konsumen.
Inovasi pelayanan merupakan aktivitas baru dalam bidang jasa dan dianggap sebagai inovasi baru atau layanan baru. Aktivitas pelayanan yang menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam suatu perusahaan. Perubahan pelayanan menjadi aktititas yang dianggap baru oleh para konsumen, dengan teknologi juga pengawasan menjadikan inovasi pelayanan suatu perubahan dalam meningkatkan pendapatan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model inovasi pelayanan pada koperasi sekolah di MA Al Amien Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana inovasi pelayanan yang diterapkan pada koperasi siswa di MA Al Amien Desa Sabrang Keacamatan Ambulu Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui model inovasi pelayanan pada koperasi sekolah di MA Al Amien Desa Sabrang Keacamatan Ambulu Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui inovasi yang diterapkan pada koperasi siswa di MA Al Amien Desa Sabrang Keacamatan Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Model pelayanan koperasi sekolah di MA Al Amien yaitu menggunakan metode self service. Dimanakonsumen diberi kebebasan untuk bertransaksi secara mandiri. Beberapa indikator yang mengacu pada fokus penelitian, diantaranya yang pertama: partisipasi, dimana semua aspek dari koperasi baik karyawan serta konsumen ikut andil dan mengupayakan keberhasilan model inovasi ini. Kedua: keterbukaan, yaitu memberikan edukasi kepada konsumen, kemungkinan yaitu sistem self service yang dapat diterima baik oleh konsumen. Ketiga: Akuntabiltas, dengan menerapkan laporan akuntan pada saat rapat anggota triwulan yang dapat dipertanggung jawabkan oleh kepala. Keempat: ketepatan waktu, yakni memperkirakan waktu yang tepat untuk pelaksanaan modal inovasi pelayanan. 2) Inovasi pelayanan yang diterapkan koperasi sekolah yakni self service. Sumber pendapatan koperasi sekolah yang mengandalkan pendapatan operasional dari hasil penjualan makanan dan minuman serta kelengkapan siswa, dan pandapatan non operasional dari masyarakat yang bekerja sama dengan koperasi sekolah dengan menitipkan barang dagangan nyauntuk di jajakan di koperasi sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ayu Maharani
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:03
Last Modified: 04 Nov 2025 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49103

Actions (login required)

View Item View Item