Maulana, Moh Hamzah (2025) Implementasi Pemberian Kompensasi Non Finansial dalam Meningkatakan Kinerja Guru di Madarasah Aliyah Negri 4 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Moh Hamzah Maulana_212101030074.pdf Download (25MB) |
Abstract
Moh Hamzah Maulana, 2025. Implementasi Pemberian Kompensasi Non Finansial dalam Meningkatakan Kinerja Guru di Madarasah Aliyah Negri 4 Banyuwangi.
Kata Kunci: Kompensasi Non Finansial, Kinerja Guru.
Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas pendidikan. Selain kompensasi finansial, kompensasi non finansial juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Kompensasi non finansial adalah segala bentuk penghargaan atau benefit yang tidak berwujud uang, namun dapat memberikan kepuasan dan motivasi kerja bagi guru.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Pemberian Kompensaasi Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Pelatihan di Madarasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi? (2) Bagaimana Implementasi Pemberian Kompensaasi Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Promosi di Madarasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pemberian Kompensaasi Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Pelatihan di Madarasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pemberian Kompensaasi Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Promosi di Madarasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu condensasi, data display, dan congclusion drawing verivication. Kemudian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini pada Kesimpulan bahwa 1) Implementasi kompensasi nonfinansial melalui pelatihan, diklat, workshop, dan seminar di MAN 4 Banyuwangi terbukti efektif meningkatkan kinerja, profesionalisme guru, dan mutu pendidikan. Kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran berkelanjutan yang mendorong kolaborasi, adaptabilitas, serta pengembangan kompetensi, sejalan dengan teori bahwa pelatihan bertujuan mengubah sikap, meningkatkan keterampilan, dan menghasilkan karya nyata..2) Implementasi kompensasi nonfinansial melalui promosi jabatan dan kenaikan pangkat di MAN 4 Banyuwangi terbukti meningkatkan kinerja, motivasi, kepercayaan diri, dan tanggung jawab guru. Kebijakan ini mendorong pengembangan kompetensi serta peningkatan profesionalisme dan inovasi pembelajaran. Temuan ini mendukung teori bahwa promosi merupakan bentuk penghargaan dan pengembangan karier yang memenuhi kebutuhan individu sekaligus mendukung tujuan organisasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Men Moh Hamzah Maulana |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 01:25 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 01:25 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
