Upaya Guru PAI Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa SMAN 04 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

WINDA, - (2020) Upaya Guru PAI Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa SMAN 04 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
WINDA_T20161270.pdf

Download (6MB)

Abstract

Winda, 2020/2021: Upaya Guru PAI Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa SMAN 04 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kuci: Upaya, Radikalisme Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena radikalisme yang terjadi di SMAN 04 Jember. Paham radikalisme merupakan paham yang harus segera diatasi dan dihindarkan dari siswa karena bertentangan dengan agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin serta tidak sesuai dengan tujuan diselenggarakannya pendidikan Islam itu sendiri. Guru PAI merupakan salah satu pihak yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menghindarkan siswa dari paham radikalisme tersebut. Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut. (1), Bagaimana upaya guru PAI dalam memberikan penjelasan tentang Islam rahmatan lil’alamin pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2), Bagaimana upaya guru PAI dalam mengedepankan dialog dalam pembelajaran PAI pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (3), Bagaimana upaya guru PAI dalam pengenalan dan penerapan pendidikan multikultural pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan penentuan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian menggunakan teknik puposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yang dikembangkan Miles Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) upaya guru PAI dalam memberikan penjelasan tentang Islam rahmatan lil’alamin pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yakni dengan memberikan pengetahuan dan juga pembinaan khusus aswaja terhadap siswa agar terhindar dari tindakan radikalisme dari luar sekolah. 2) Upaya guru PAI dalam mengedepankan dialog dalam pembelajaran PAI pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yakni dengan membiasakan siswa membaca Al quran 10-20 ayat selama 40 menit sebelum memulai pembelajaran, dan juga memberikan beban hafalan kepada siswa disetiap kelas lalu disetorkan terhadap guru. 3) Upaya guru PAI dalam pengenalan dan penerapan pendidikan multikultural pada siswa SMAN 04 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yakni setiap triwulan dilakukan evaluasi bersama wali murid bagaimana perkembangan siswa selama dirumah maupun disekolah, dan juga melakukan kedisiplinan tingi dan toleransi terhadap siswa dari hal-hal yang kecil seperti, saat ada siswa yang terlambat masuk sekolah maka akan dikenai hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:48
Last Modified: 24 Mar 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4911

Actions (login required)

View Item View Item