PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NEGERI 10 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nur Agustin, Athiya Putri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NEGERI 10 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Athiya Putri Nur Agustin NIM. 212101090035.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Athiya Putri Nur Agustin, 2025: Pengaruh Media Pembelajaran Smart Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Kata Kunci : Smart Box, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial,

Media pembelajaran yang inovatif, seperti Smart Box, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Smart Box menawarkan format pembelajaran yang menarik, yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Media ini tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai aktivitas. Dengan demikian, penggunaan media Smart Box diharapkan dapat mengatasi masalah kebosanan dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga pemahaman mereka terhadap materi pelajaran IPS dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Smart Box terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui pengaruh signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Smart Box berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ATHIYA PUTRI NUR AGUSTIN
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:57
Last Modified: 05 Nov 2025 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49119

Actions (login required)

View Item View Item