UMI HANIK, - (2021) “Internalisasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Kabupaten Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
UMI HANIK_T20161128.pdf Download (9MB) |
Abstract
Umi Hanik, 2020: “Internalisasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Kabupaten Jember”. Menyikapi banyaknya perilaku menyimpang dari kalangan remaja saat ini, pondok pesantren Raudlatut Tholabah menerapkan sistem pendidikan yang bersifat boarding school. Melalui boarding school ini, dilakukan proses internalisasi nilai sosial religius pada santri, sehingga dalam pelaksanaanya dapat membentuk budaya pesantren seperti pembiasaan dan keteladanan di pesantren. Pembiasaan dilakukan melalui program kegiatan pesantren yang dilaksanakan setiap hari, sedangkan dalam aspek keteladanan ditunjukkan oleh Kiai dengan memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: (1) Bagaimana tahap tranformasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020? (2) Bagaimana tahap transaksi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020? (3) Bagaimana tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020? Tujuan dari penelitian ini: (1) Mendeskripsikan tahap tranformasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020. (2) Mendeskripsikan tahap transaksi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020. (3) Mendeskripsikan tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada santri di pondok pesantren Raudlatut Tholabah desa Karangrejo Jember tahun 2020. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian menggunakan deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara bebas dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahap tranformasi nilai sosial religius pada santri dilakukan melalui kegiatan pembelajaran kitab ta’limul mutaalim dengan menggunakan metode bandongan, hafalan dan evaluasi. (2) Tahap transaksi nilai sosial religius pada santri dilakukan melalui interaksi antara guru dengan santri dalam proses pembelajaran kitab ta’limul mutaalim yang membahas tentang akhlak terhadap Allah, akhlak kepada manusia dan akhlak terhadap ilmu. Kegiatan ini secara langsung akan terjadi proses tanya jawab yang relevan, sehingga santri dapat menerima dan memahami secara komprehensif dari nilai sosial religius yang di internalisasikan. (3) Tahap transinternalisasi nilai sosial religius pada santri dilakukan melalui pembiasaan sholat dhuha dan pembacaan surat al Waqi’ah di pondok pesantren. Dengan melakukan pembiasaan sholat dhuha berjamaah dan pembacaan surat al Waqi’ah di pesantren dapat meningkatkan karakter religius yang dimiliki oleh santri ketika berada di lingkungan pondok maupun ketika di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:48 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4912 |
Actions (login required)
View Item |