Hakim, Lukmanul (2025) Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Lukmanul Hakim_212101030085.pdf Download (2MB) |
Abstract
Lukmanul Hakim, 2025: Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Layanan Administrasi
Perkembangan era modernisasi dan digitalisasi telah membawa perubahan signifikan terhadap pola hidup serta pola kerja masyarakat di berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan perlu berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan guna mendorong motivasi belajar peserta didik serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan manajemen lembaga pendidikan, muncul berbagai konsep dan strategi inovatif dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa pendidikan. Salah satu strategi tersebut adalah penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan sehingga pelaksanaannya menjadi lebih efektif dan efisien.
Pada fokus penelitian meliputi tiga aspek di antaranya: 1) Bagaimana perencanaan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 2 Jember? Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Proses analisis data meliputi tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan temuan, penelitian ini menerapkan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Sistem Informasi Manajemen dilaksanakan dalam forum rapat yang biasanya diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru. Melalui forum tersebut, disusun rencana strategis yang mencakup perumusan tujuan SIM, penetapan sasaran yang ingin dicapai, serta pemilihan media atau aplikasi SIM yang akan digunakan dalam mendukung pengelolaan dan pelayanan pendidikan. 2) Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen yang meliputi; Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), EMIS 4.0, EMIS GTK, dan RDM. 3) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen dilakukan dengan mengacu pada penilaian yang berorientasi pada pengukuran tingkat kualitas sistem tersebut. Aspek yang menjadi fokus penilaian meliputi akurasi data, ketepatan waktu, dan relevansi data, disertai identifikasi terhadap faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat penerapannya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Men Lukmanul Hakim |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 01:28 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
