Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Surat Berbasis User Form Excel VBA Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah Dasar Swasta Miftahul Falah Silo Jember

Fifitrotin, Mellati Rif'ah (2025) Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Surat Berbasis User Form Excel VBA Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah Dasar Swasta Miftahul Falah Silo Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIF’AH MELLATI FIFITROTIN_212101030053.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Arsip Surat, Excel VBA, Mutu
Layanan Administrasi.
Pengelolaan administrasi merupakan bagian penting dalam kegiatan
operasional lembaga pendidikan. Fungsi administrasi bertujuan untuk mendukung
pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Di lembaga pendidikan,
salah satu unsur penting dalam kegiatan administrasi ialah pengarsipan. Dalam
penelitian ini pengelolaan arsip dibatasi pada pengarsipan surat. Karena surat,
baik itu surat masuk maupun surat keluar memiliki nilai administratif dan hukum
yang penting dalam operasional pendidikan. Oleh karena itu, pengelolaan arsip
surat memegang peranan strategis dalam menjaga kelancaran kegiatan
administrasi serta sebagai sumber informasi akademik lembaga pendidikan.
Rumusan permasalahan penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kevalidan SIM
Arsip Surat Berbasis User Form Excel VBA dalam meningkatkan mutu layanan
administrasi di SDS Miftahul Falah Silo Jember? (2) Bagaimana kepraktisan SIM
Arsip Surat Berbasis User Form Excel VBA dalam meningkatkan mutu layanan
administrasi di SDS Miftahul Falah Silo Jember? (3) Bagaimana keefektifan SIM
Arsip Surat Berbasis User Form Excel VBA dalam meningkatkan mutu layanan
administrasi di SDS Miftahul Falah Silo Jember?
Penelitian ini dilakukan di SDS Miftahul Falah Silo Jember dengan
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba
produk menggunakan uji coba internal dan eksternal dengan melibatkan validator
dan pengguna. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang
diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem sangat layak digunakan,
diketahui dari hasil uji kevalidan dengan nilai rata-rata sebesar 93,5% (2) hasil uji
kepraktisan menunjukkan sistem sangat praktis dengan nilai rata-rata sebesar
91,6% (3) pengujian keefektifan sistem diperoleh dari perbandingan nilai hasil
pengisian angket oleh responden yakni guru. Dengan membandingkan dua kondisi
antara sebelum implementasi yakni sebesar 53,4% dan kategori kurang efektif,
dengan kondisi setelah implementasi yaitu sebesar 87,5% termasuk dalam
kategori sangat efektif. Selanjutnya hasil tersebut diuji menggunakan uji wilcoxon
signed rank test dan diperoleh nilai Z -3,923 dengan signifikansi sebesar <0,001,
kemudian hasil uji N-Gain sebesar 0,7254 dengan standar deviasi 0,15295.
Dengan mengacu pada kriteria interpretasi N-Gain, maka nilai rata-rata sebesar
0,7254 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan
efektivitas pelayanan administrasi surat setelah implementasi sistem termasuk
dalam kategori tinggi secara kuantitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080308 Programming Languages
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080604 Database Management
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080605 Decision Support and Group Support Systems
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rif'ah Mellati Fifitrotin
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:32
Last Modified: 06 Nov 2025 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item