Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Disposisi Matematis Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTs Nahdlatul Arifin Ambulu Jember

Mufarohah, Elok (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Disposisi Matematis Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTs Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
ELOK MUFAROHAH 214101070016.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Disposisi Matematis; Persamaan Garis Lurus
Permasalahan utama yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika terjadi ketika siswa memiliki disposisi matematis yang rendah ditandai dengan kurangnya rasa percaya diri, cepat menyerah saat menghadapi soal sulit, dan minimnya rasa ingin tahu siswa terutama pada materi relasi fungsi sehingga perlu evaluasi sikap pada materi selanjutnya yaitu materi persamaan garis lurus. Oleh karena itu perlunya inovasi baru berupa model pembelajaran reciprocal teaching yang dapat membantu membenahi pemahaman sekaligus sikap positif siswa terhadap matematika
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. 2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap disposisi matematis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain non equivalent control group design. Sampel terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan teknik pemilihan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan dilanjut dengan statistik inferensial dengan uji normalitas serta uji homogenitas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Disposisi matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas kontrol terdapat perbedaan dengan terjadinya peningkatan sebesar 5,69%. 2) Disposisi matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas eksperimen terdapat perbedaan dengan terjadinya peningkatan sebesar 6,66%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap disposisi matematis siswa dengan nilai sig. 0,020<0,050 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Elok Mufarohah
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:18
Last Modified: 11 Nov 2025 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49144

Actions (login required)

View Item View Item