Shafa Karimah, Salsabila (2025) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras ditinjau dari Self Directed Learning di MTs Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
SALSABILA SHAFA KARIMAH_214101070013.pdf Download (14MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis; Teorema Pythagoras; Self Directed Learning
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bidang matematika maupun dalam bidang-bidang lainnya. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyatakan ide dan gagasan matematika ke dalam berbagai bentuk seperti gambar, tabel, grafik, angka, huruf, simbol dan representasi lainnya untuk membantu memahami dan mengkomunikasikan konsep matematika. Kemampuan representasi matematis siswa dapat berkembang lebih optimal ketika siswa memiliki inisiatif untuk mengatur, mengeksplorasi, dan mengevaluasi proses pembelajaran matematika secara mandiri yang biasa disebut dengan Self Directed Learning (SDL).
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan tingkat SDL tinggi dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan tingkat SDL sedang dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan tingkat SDL rendah dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Banyak subjek dalam penelitian ini yaitu 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan SDL tinggi, 2 siswa dengan SDL sedang dan 2 siswa dengan SDL rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Hubberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan tingkat SDL tinggi dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, serta representasi kata-kata atau teks tertulis. 2) Siswa dengan tingkat SDL sedang dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras dapat memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual dan representasi persamaan atau ekspresi matematis. 3) Siswa dengan tingkat SDL rendah dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras hanya mampu memenuhi satu indikator representasi matemastis yaitu representasi visual.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | Salsabila Shafa Karimah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:42 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:42 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
