Al Thof, Muhammad Thoriq (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM E-PARKIR DALAM PEMBAYARAN RETRIBUSI PARKIR DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
MUHAMMAD THORIQ AL THOF NIM. 212105020055.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Thoriq Al Thof, Mashudi 2025: Analisis Penggunaan Sistem E-parkir dalam Pembayaran Retribusi Parkir di Kabupaten Jember
Kata Kunci: Analisis, Sistem E-Parkir, Retribusi Parkir, Efektivitas, Kabupaten Jember
Perkembangan teknologi digital mendorong pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam pelayanan publik, salah satunya melalui penerapan sistem parkir elektronik (e-parkir). Kabupaten Jember menjadi salah satu wilayah yang mencoba menerapkan sistem ini sebagai solusi atas berbagai persoalan klasik dalam pengelolaan parkir, seperti kebocoran retribusi, rendahnya transparansi, serta kurangnya efisiensi dalam pelayanan. Kehadiran e-parkir diharapkan mampu menjadi langkah modernisasi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat, akuntabel, dan terpercaya.
Fokus penelitian ini diarahkan pada dua hal utama. Pertama, bagaimana penggunaan sistem e-parkir dalam pembayaran retribusi parkir di Kabupaten Jember dimaknai oleh masyarakat, petugas, dan pihak pengelola dalam kaitannya dengan efektivitas layanan. Kedua, bagaimana evaluasi terhadap keberhasilan implementasi sistem e-parkir dalam meningkatkan efisiensi dan pengawasan terhadap pembayaran retribusi parkir. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menilai aspek teknis, tetapi juga menggali dimensi sosial, kultural, dan kelembagaan yang memengaruhi keberhasilan program.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan pemaknaan para pemangku kepentingan terkait penggunaan e-parkir, sekaligus menilai efektivitas dan keberhasilan implementasinya dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah berupa kajian empiris yang relevan dengan pengembangan kebijakan publik, khususnya dalam bidang pengelolaan parkir berbasis teknologi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan masyarakat, petugas parkir, dan pihak pengelola, observasi langsung di lapangan, serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara interaktif. Validitas data diperkuat dengan menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori untuk memastikan keabsahan temuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-parkir masih dimaknai secara beragam. Masyarakat cenderung resistensi karena terbiasa dengan pembayaran tunai dan rendahnya literasi digital. Petugas menilai sistem ini bermanfaat untuk pencatatan transaksi dan menekan kebocoran retribusi, namun kendala teknis masih sering dihadapi. Sementara itu, pengelola melihat e-parkir sebagai langkah positif dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan. Evaluasi implementasi juga memperlihatkan adanya peningkatan efisiensi dan pengawasan, tetapi belum sepenuhnya optimal akibat keterbatasan infrastruktur, kurangnya sosialisasi, dan rendahnya penerimaan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140217 Transport Economics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Muhammad Thoriq Al thof |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:33 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:33 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
