Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Fika Nur Rehana Zulfa, - (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam..

[img] Text
Fika Nur Rehana Zulfa_T201610009.pdf

Download (9MB)

Abstract

Fika Nur Rehana Zulfa, 2020: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII Kata Kunci: Media Pop Up Book, audio, klasifikasi makhluk hidup Pop Up Book adalah buku yang memiliki bagian bergerak atau berunsur tiga dimensi yang memberikan kejutan-kejutan dalam setiap halamannya ketika dibuka. Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan ditambahkan audio agar lebih menarik dan lebih interaktif, serta siswa lebih bersemangat ketika pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah validitas media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII? 2) Bagaimanakah respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII 2) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan 4 tahap pengembangan, namun peneliti mengambil 3 tahap penelitian yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian 2) tahap design atau perancangan 3) tahap development atau pengembangan yang terdiri dari validasi ahli dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli media, guru IPA SMP/MTs dan uji coba pengembangan (skala kecil dan skala besar), produk diujicobakan kepada 6 siswa untuk uji coba skala kecil dan 28 siswa untuk uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs-PSA Sunan Kalijogo. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis numerik (kuantitatif) dan deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran Pop Up Book berbasis audio yang dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran Pop Up Book berbasis audio dari ahli materi, ahli media dan guru IPA SMP/MTs mendapatkan presentase sebesar 90,1% termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil kepada 6 siswa mendapatkan presentase sebesar 93,1% termasuk dalam kategori sangat menarik. Selanjutnya dari hasil uji coba skala besar yang diujicoba kepada 28 siswa mendapatkan presentase 91% termasuk dalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:53
Last Modified: 24 Mar 2022 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item