ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BTN CABANG JEMBER DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT JEMBER

ANDIKA PUTRA, RENDY (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BTN CABANG JEMBER DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rendy Andika Putra_211105010022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingginya kebutuhan masyarakat Jember akan kepemilikan rumah, sementara kemampuan membeli secara tunai masih rendah. Kondisi tersebut membuat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi utama. Bank BTN Cabang Jember sebagai pelopor KPR di Indonesia menghadapi persaingan ketat dengan bank lain yang menawarkan produk serupa, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan minat masyarakat.
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa BTN Cabang Jember telah menerapkan strategi pemasaran melalui bauran pemasaran dengan keunggulan berupa bunga kompetitif, tenor panjang, citra bank yang terpercaya, serta dukungan subsidi pemerintah. Minat masyarakat terhadap KPR BTN cukup tinggi, namun terkendala oleh proses administrasi yang rumit, persaingan antarbank, dan rendahnya literasi keuangan. Secara keseluruhan, strategi pemasaran BTN Cabang Jember dinilai efektif, tetapi masih perlu diperkuat dengan digital marketing, peningkatan kualitas pelayanan, dan penyederhanaan prosedur agar lebih optimal dalam bersaing.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), BTN, Minat Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: mr RENDY ANDIKA PUTRA
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:04
Last Modified: 24 Nov 2025 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49292

Actions (login required)

View Item View Item