Sholikha, Faidatus (2025) Pengembangan media kantong aksara pada mata pelajaran bahasa jawa di Madrasah Ibtidaiyah Qur'ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
NEW FAIDATUS 05 NOVEMBER 2025 ACC..pdf Download (5MB) |
Abstract
Faidatus Sholikha, 2025: Pengembangan Media Kantong Aksara Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang.
Kata Kunci: Pengembangan Media,Kantong Aksara, Bahasa Jawa.
Dalam konteks pendidikan muatan lokal, pelajaran Bahasa Jawa memiliki peran strategis untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, khususnya aksara Jawa yang kini mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Berdasarkan hasil pra observasi di Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter, ditemukan permasalahan rendahnya minat dan kesulitan siswa dalam memahami serta memahami dan membaca aksara Jawa akibat pembelajaran yang monoton, minim media, dan terbatas pada metode ceramah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang kreatif, menarik, dan praktis, salah satunya media kantong aksara Jawa, sebagai upaya meningkatkan pemahaman, minat, serta hasil belajar peserta didik dalam pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1.Bagaimana proses pengembangan media kantong aksara pada mata pelajaran bahasa Jawa di kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang? 2.Bagaimana kelayakan media kantong aksara pada mata pelajaran bahasa Jawa di kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang? 3.Bagaimana kemenarikan dari pengembangan media kantong aksara pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah : 1.Untuk mendeksripsikan proses pengembangan media kantong aksara pada mata pelajaran bahasa Jawa di kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang. 2. Untuk mendeksripsikan kelayakan media kantong aksara pada mata pelajaran bahasa Jawa di kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang. 3. Untuk mendeksripsikankemenarikan dari pengembangan media kantong aksara pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas III Madrsah Ibtidaiyah Qur’ani Miftahul Ulum Nguter Pasirian Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah media kantong aksara Jawa dengan proses pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation) dengan mengakat materikearifan lokal aksara Jawa di MIQ Miftahul Ulum Nguter, Probbolinggo, 2) Analisis secara keseluruhan analisis dari para ahli media menunjukkan presentase sebesar 90,6% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajara, 3)kemenarikan media yang diuji melalui angket respon peserta didik memproleh nilai sebesar 81,4% dengan kategori praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Faidatus Sholikha |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:57 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:57 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
