WIWIK AGUSTIN INDRIYAN, - (2020) “Strategi Komunikasi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
WIWIK AGUSTIN INDRIYANI_T20163035.pdf Download (23MB) |
Abstract
Wiwik Agustin Indriyani, 2020. “Strategi Komunikasi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember”. Lembaga pendidikan saat ini menyadari terlebih khususnya lembaga pendidikan anak usia dini bahwa untuk mencerdaskan potensi anak tidak cukup meningkatkan potensi guru sebagai pendidik anak-anak, tetapi juga wali murid harus dilibatkan dalam meningkatkan kecerdasan anak, karena wali murid merupakan lingkungan yang frekuensi interaksi nya lebih banyak dibandingkan dengan guru ketika berada didalam madrasah. Dan untuk mengatasi hal tersebut merupakan tugas kepala madrasah sebagai komunikator. Berdasarkan fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu siswa di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?. 2) Bagaimana strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu guru di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?. 3) Bagaimana strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu orang tua di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?. Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu siswa di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember. 2) Untuk mengetahui strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu guru di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember. 3) Untuk mengetahui strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu orang tua di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data nya menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Jhony. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah :1) Strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu siswa di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember yaitu dengan 9 aspek kecerdasan (Spiritual, Visual, Musical, Interpersonal, Intrapersonal, logic mathematic, verbal linguistik, kinestetik, naturalis). 2) Strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu guru di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember yaitu dengan program-program mengembangkan mutu guru yakni pembinaan, pelatihan, evaluasi diri, supervisi dan studi banding. 3) Strategi komunikasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu orang tua di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember yaitu dengan melalui program Parenting, PSDW, Home Visit , Family Game dan Every Parents is a Teacher here. Dan strategi komunikasi yang digunakan oleh kepala madrasah adalah strategi memberitahu, strategi memotivasi, strategi mendidik, strategi menyebarkan informasi dan strategi mendukung pembuatan keputusan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:54 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4932 |
Actions (login required)
View Item |