KHOLIL, M (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI KEUANGAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.
|
Text
Skripsi_M_Kholil Revisi_B5-1.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata kunci : Religiusitas, Literasi Keuangan, Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Mahasiswa, Bank Syariah.
Pangsa pasar perbankan syariah Indonesia termasuk kurang walaupun mengalami pertumbuhan, yaitu hanya sekitar 7–10%. Mahasiswa sebagai kelompok intelektual dengan tingkat literasi keuangan dan religiusitas yang relatif tinggi menjadi segmen potensial dalam perluasan nasabah bank syariah. Namun, masih minimnya minat mahasiswa jadi nasabah bank syariah jadi latar belakang studi.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ( 1. Apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah? 2. Apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah? 3. Apakah promosi berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah? 4. Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah? 5. Apakah religiusitas, literasi keuangan, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah?)
Penelitian ini bertujuan ( 1.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah, 2.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah, 3.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah, 4.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah, 5.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara bersama religiusitas, literasi keuangan, promosi, dan kualitas layanan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah)
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda dan uji adjusted r² square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan, promosi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah, sedangkan religiuisitas, literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel tersebut berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas pelayanan dan promosi menjadi faktor dominan yang mendorong mahasiswa memilih layanan perbankan syariah, sementara aspek religius dan literasi keuangan belum cukup kuat mempengaruhi keputusan mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
| Depositing User: | Mr. M KHOLIL |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 07:31 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 07:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
