Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Froggy Jumps Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X di SMKN 3 Jember

Putra, Isaac (2025) Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Froggy Jumps Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X di SMKN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isaac_Akbar_Alfahquri_Harisma_Putra_214101070010.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa sebagai akibat dari proses pembelajaran yang telah dialami dari salah satu ranah di Taksonomi Bloom. Media pembelajaran berupa media educaplay froggy jumps menjadi solusi untuk nilai ulangan harian siswa yang rendah dan penting dalam proses belajar mengajar yang dapat membuat siswa lebih semangat belajar, aktif dan terdapat pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Media pembelajaran ini relevan diterapkan pada materi seperti Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) yang bersifat abstrak dan prosedural. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran ini terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMKN 3 Jember.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media educaplay froggy jumps terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X di SMKN 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Post-test Only Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas X Tata Busana 1 sebagai eksperimen dan X Tata Busana 2 sebagai kontrol, dipilih secara purposive. Penelitian ini dilakukan dalam 1 kali pertemuan dalam satu kelas. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda dan dokumentasi, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial, diawali uji normalitas dan homogenitas. Dilanjutkan dengan Uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) dari hasil uji hipotesis sebesar 0,040. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, karena nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran berupa media educaplay froggy jumps. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media educaplay froggy jumps terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMKN 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: the Isaac Akbar Alfahquri Harisma Putra
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:19
Last Modified: 26 Nov 2025 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49358

Actions (login required)

View Item View Item