PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MTs NAHDHATUL ARIFIN AMBULU

Rahman, Zainur (2025) PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MTs NAHDHATUL ARIFIN AMBULU. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Zainur Rahman (Watermak).pdf

Download (3MB)

Abstract

Zainur Rahman, 2025. “Pelaksanaan Program Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nahdhatul Arifin Ambulu

Kata Kunci : Program Literasi Digital, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Kemampuan literasi digital dalam pembelajaran IPS memberikan bekal kepada siswa untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi tersebut secara efektif. Melalui literasi digital, siswa juga dapat memanfaatkan berbagai platform teknologi untuk mendalami konsep konsep IPS menggunakan media interaktif, seperti peta digital, e-book, dan analisis berita digital. Integrasi literasi digital dalam pembelajaran IPS tidak hanya membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mendalam, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi berbasis teknologi. Dengan demikian, literasi digital mendukung tujuan pembelajaran IPS untuk membangun karakter, memperluas wawasan global, dan meningkatkan kepekaan sosial siswa dalam menghadapi tantangan dunia modern.
Fokus Penelitian skripsi ini yaitu : 1. Bagaimana Pelaksanaan Program Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nahdhatul Arifin Ambulu? 2. Bagaimana Faktor Kendala dalam Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nahdhatul Arifin Ambulu? 3. Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis Literasi Digital di MTs Nahdhatul Arifin Ambulu?
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1. Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nahdhatul Arifin Ambulu. 2. Untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Mts Nahdhatul Arifin Ambulu. 3. Untuk Mengevaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis Literasi Digital Di Mts Nahdhatul Arifin Ambulu.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. metode penelitian kualitatif dipakai untuk penelitian yang berfokus kepada kondisi obyek yang alamiah. Selain itu menggunakan teknik pengambilan data dengan Trianggulasi (gabungan), analisis yang bersifat induktif atau kualitatif. Hasil yang diperoleh dari menggunakan penelitian kualitatif sendiri adalah menekankan pada makna dari generalisasi.
Hasil dari Penelitian ini mencakup: 1. Guru Mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan workshop terkait literasi digital dan penggunaan teknologi pembelajaran. Dan Menunjuk peserta didik yang memiliki nilai akademik tinggi dan keterampilan digital yang baik untuk diberi pelatihan dan dijadikan tutor sebaya. 2. Keterbatasan infrastruktur dan perangkat keras Dan kurangnya Keterampilan literasi digital yang terbatas dalam mengevaluasi pemahaman literasi siswa secara online. 3. Pembelajaran IPS berbasis digital dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi digital juga peningkatan keterampilan berpikir kritis: Pembelajaran IPS literasi berbasis digital dapat mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zainur Rahman
Date Deposited: 26 Nov 2025 09:01
Last Modified: 26 Nov 2025 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49366

Actions (login required)

View Item View Item