Implementasi Supervisi Klinis Di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020

M. KAMAL MUQORROBY, - (2020) Implementasi Supervisi Klinis Di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
M. KAMAL MUQORROBY_084133087.pdf

Download (4MB)

Abstract

M Kamal Muqorroby, 2020: Implementasi Supervisi Klinis Di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020 Supervisi klinis merupakan cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa fakta menunjukkan bahwa supervisi klinis memberikan dampak positif bagi kegiatan guru dalam pembelajaran. Supervisi klinis juga dapat dikatakan sebagai supervisi yang difokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan, pengamatan, dan analisis terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Berdasarkan Uraian diatas maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020? 2). Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020? 3). Bagaiman evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020.2) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020. 3)Mendeskripsikan Evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis di Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang memusatkan pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudtan dari satuan-satuan gejala yang ada. Jenis penilitian deskriptif kualitatif dan dalam penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan metode validitas triangulasi sumber dan metode. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Perencanaan Supervisi Klinis di sini kepala sekolah menggunakan pertimbangan visi, misi dan tujuan lembaga sebagai pijakan sekaligus pengukuran profesionalisme yang diharapkan akan diwujudkan para guru. 2). Implementasi supervisi klinisnya supervisi klinis dilakukan langsung oleh kepala sekolah sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. 3). Evaluasi Supervisi Klinis kurangnya pelatihan supervisi kepala sekolah kepada guru, manajemen waktu yang kurang baik serta faktor perekonomian. Tindak lanjut Supervisi Klinis diadakannya pendidikan dan pelatihan untuk guru, adanya dukungan atau motivasi yang tinggi dari pengelola lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Mar 2022 09:14
Last Modified: 18 Mar 2022 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item