Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo Tahun 2019-2020.

NANIK SUMIATININGSIH, - (2021) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo Tahun 2019-2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NANIK SUMIATININGSIH_ T20161099.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nanik Sumiatiningsih, 2020: Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo Tahun 2019-2020. Evaluasi pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pendidik bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Anak tunarungu ini memiliki keterbatasan dalam berbicara dan mendengar. Sehingga dalam proses pembelajaran maupun pelaksanaan evaluasi pembelajaran terdapat kesulitan dalam menilai dan berkomunikasi. Menurut peneliti permasalahan tersebut menarik untuk dikaji lebih lanjut dalam sebuah pokok masalah. Fokus penelitiannya adalah (1) bagaimana pelaksanaan penilaian sikap siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020? (2) bagaimana pelaksanaan penilaian pengetahuan siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020? (3) bagaimana pelaksanaan penilaian keterampialan siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020?. Adapun tujuan penelitiannya (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian sikap siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020 (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pengetahuan siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020 (3) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian keterampilan siswa mata pelajaran PAI bagi anak tunarungu di SLB Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Pendekatannya yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya mengunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) pelaksanaan penilaian sikap siswa mata pelajaran PAI ada 4 teknik yaitu observasi, penilaian diri, antar teman, dan jurnal, tapi lebih ditekankan pada penilaian diri, dan antar teman. 2) Pelaksanaan penilaian pengetahuan siswa mata pelajaran PAI terdapat faktor penghambat yaitu covid dan penggunaan bahasa isyarat. Ada 3 teknik pengetahuan yaitu tes tulis, lisan, penugasan. (3) Pelaksanaan penilaian keterampilan siswa mata pelajaran PAI ditekankan pada praktek, kendala pelaksanaannya di bahasa. Penilaian portofolio di masa pandemi menggunakan media sosial. Interaksi dalam sistem pembelajaran menggunakan bahasa isyarat, lisan, gerak bibir, dan tulisan. Kata Kunci : Pelaksanaan, Evaluasi Pembalajaran, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Mar 2022 09:11
Last Modified: 18 Mar 2022 09:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item