Pengaruh Pemanfaatan Media Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Hofifah, Hofifah (2025) Pengaruh Pemanfaatan Media Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HOFIFAH_212101090030-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Negeri 6 Jember
Tahun Pelajaran 2024/2025 akibat penggunaan media pembelajaran yang masih
bersifat konvensional dan kurang interaktif. Kondisi tersebut menimbulkan
kesenjangan antara tuntutan pembelajaran abad 21 yang berbasis teknologi dengan
praktik pembelajaran di lapangan. Media inovatif, seperti aplikasi Kahoot dapat
menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Kahoot
merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan (game-based
learning) yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif, survei, dan diskusi
yang dapat diakses siswa melalui smartphone, laptop, atau perangkat lainnya
secara real time.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan
media aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPS
siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Jember Thun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi
eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri
atas dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan
media Kahoot dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan media
konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan
dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample TTest) dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05,
sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan aplikasi Kahoot
terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi Kahoot dapat meningkatkan hasil
belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Negeri 6
Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Penggunaan media berbasis teknologi ini
mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai
dengan karakteristik generasi digital.
Kata Kunci : Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Hofifah Hofifah
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:18
Last Modified: 04 Dec 2025 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49542

Actions (login required)

View Item View Item