Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk SMP/MTs kelas VIII.

Nofal Fajri Hamdani, - (2020) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk SMP/MTs kelas VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Nofal Fajri Hamdani_T201610021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nofal Fajri Hamdani, 2020: Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis
Adobe Animate CC pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk SMP/MTs kelas
VIII.
Kata Kunci: Adobe Animate CC, Media pembelajaran, Sistem pencernaan
manusia.
Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari
alam sekitar mulai dari tanaman, hewan, hingga manusia itu sendiri. Salah materi
yang dipelajari dalam mata pelajaran IPA adalah sistem pencernaan pada manusia.
Materi yang disajikan dalam pembelajaran ini bersifat absatrak karena tidak dapat
dilihat secara langsung oleh mata, sehingga dibutuhkan sebuah media yang dapat
membantu siswa untuk mendapatkan gambaran mengenai organ-organ pencernaan
dan bagaimana proses pencernaan manusia itu terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut
maka dibuatlah media yang dapat memberikan gambaran dan penjelasan mengenai
organ-organ dan proses pencernaan manusia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kevalidan
media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Adobe Animate CC pada
materi sistem pencernaan manusia untuk SMP/MTs kelas VIII? (2) Bagaimana
respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangan
menggunakan Adobe Animate CC pada materi sistem pencernaan manusia untuk
SMP/MTs kelas VIII?. Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu : (1)
Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan
menggunakan Adobe Animate CC pada materi sistem pencernaan manusia untuk
SMP/MTs kelas VIII yang layak. (2) Mendeskripsikan respon peserta didik
terhadap media pembelajaran yang dikembangan menggunakan Adobe Animate CC
pada materi sistem pencernaan manusia untuk SMP/MTs kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian dan pengembangan (R&D).
Dalam penelitian ini model penelitian dan pengembangan digunakan adalah Model
4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Dalam penelitian ini, tahapan model 4-
D diadaptasi menjadi 3 tahap pengembangan yaitu: 1) define 2) design 3) develop.
Tahapan disseminate tidak dilaksakan karena keterbatasan waktu dan biaya yang
dimiliki oleh peneliti. Subjek penelitian ini terdiri dari validator yaitu dua dari dosen
ahli, satu guru IPA dan 6 siswa dalam uji skala kecil dan 30 siswa dalam uji skala
besar di SMP “Plus” Darus Sholah.
Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan rata-rata uji kelayakan isi yaitu
88,19%, rata-rata uji kelayakan penyajian sebesar 93,74%, rata-rata uji kelayakan
bahasa sebesar 89,81%, dan rata-rata uji kelayakan kegrafikan adalah 90,00%,
semua pengujian yang dilakukan dapat dikategorikan sangat valid. Uji coba respon
siswa skala kecil didapatkan presentase rata-rata 78% untuk mengetahui
keterbacaan terhadap media, dilanjutkan pada uji coba skala besar yang
menghasilkan presentase sebesar 87%, dengan demikian media ini dapat
dikategorikan sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:58
Last Modified: 21 Mar 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item