“Penerapan Pembelajaran Reflektif Dalam Penanganan Bullying Peserta Didik Di MI Al Mujahidi Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Tahun Pelajaran 2020/2021”.

AMALIA FAJRIYYAH, - (2021) “Penerapan Pembelajaran Reflektif Dalam Penanganan Bullying Peserta Didik Di MI Al Mujahidi Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
AMALIA FAJRIYYAH_T20174084.pdf

Download (6MB)

Abstract

Amalia Fajriyyah, 2021: “Penerapan Pembelajaran Reflektif Dalam Penanganan Bullying Peserta Didik Di MI Al Mujahidi Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Tahun Pelajaran 2020/2021”. Bullying merupakan perilaku yang ditujukan untuk melukai orang lain secara terus menerus dan tanpa sebab. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk penanganan peristiwa bullying yang ada di Indonesia adalah dengan pendidikan. Beberapa kasus bullying telah terjadi di MI Al Mujahidi dan telah ditangani serta dicegah melalui pembelajaran reflektif. Pembelajaran reflektif yang dimaksud disini adalah pembelajaran yang mengintegrasikan materi pelajaran maupun momen setiap pembelajaran dengan pendidikan karakter. Dalam penanganannya, guru di MI Al Mujahid memiliki beberapa langkahlangkah dan cara tersendiri dalam menerapkan pembelajaran reflektif terhadap penanganan bullying sehingga kasus bullying tersebut dapat diatasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan penmbelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran penerapan reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi? 3) Bagaimana hasil evaluasi penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi. 2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi. 3) Mendeskripsikan hasil evaluasi dari pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan narative research (penelitian naratif). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi yakni dengan mengembangkan pendekatan filosofi konstruktivisme, menggunakan metode refleksi, dan teknik diskusi dalam pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi yakni faktor pendukung adalah dari SDM pendidik dan kemampuan peserta didik sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak efektifnya waktu ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. 3) Hasil evaluasi dari penerapan pembelajaran reflektif dalam penanganan bullying peserta didik di MI Al Mujahidi yakni menggunakan evaluasi non tes dengan melihat dari sikap kejujuran yang di lakukan oleh peserta didik ketika guru mencoba menguji sikap kejujuran tersebut dan dilihat dari pantauan guru terhadap perilaku peserta didik kepada guru dan orang sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:58
Last Modified: 21 Mar 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item