Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi

Ar Rasyid, Alfian (2025) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALFIAN AR RASYID_211101010008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era digital, kemudahan akses informasi tidak hanya membawa manfaat, tetapi juga menimbulkan tantangan berupa maraknya penyebaran hoaks di kalangan remaja. Kondisi ini menuntut kemampuan berpikir kritis, agar siswa mampu memilah fakta dan opini. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kemampuan berpikir kritis penting untuk memahami dan menerapkan ajaran Islam secara kontekstual. Namun, proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional kurang mendorong siswa aktif berpikir kritis. Untuk itu, model problem based learning hadir sebagai alternatif yang dapat melatih siswa berpikir analitis, reflektif, dan evaluatif terhadap berbagai permasalahan nyata.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi? 2) Bagaimana penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis membangun keterampilan dasar siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi? 3) Bagaimana penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis penarikan kesimpulan siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. 2) Bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis membangun keterampilan dasar siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. 3) Bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis penarikan kesimpulan siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas 8 SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. PBL terbukti dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, pada aspek penjelasan sederhana dimana siswa mampu memahami dan menjelaskan permasalahan dengan bahasa sendiri. Aspek keterampilan dasar ditunjukkan dengan siswa dapat mengumpulkan dan mengordinasi informasi, serta mencatat bukti dengan baik,. Aspek penarikan kesimpulan dimana siswa dapat membandingkan berbagai pandangan, memilih solusi paling tepat, dan beragumen secara logika, . Melalui kegiatan diskusi dan pemecahan masalah, mereka terbiasa menyeleksi informasi, menganalisis data, serta menarik kesimpulan berdasarkan bukti dan nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfian Ar Rasyid
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:26
Last Modified: 05 Dec 2025 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49610

Actions (login required)

View Item View Item