Alam, Adinul Islam Khoirul (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMKN 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
Adinul Islam Khoirul Alam _205101010008.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Adinul Islam Khoirul Alam, 2025 : Implementasi model pembelajaran kooperatif untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMKN
3 Jember
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar Siswa.
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti mengenai Implementasi model pembelajaran
kooperatif di SMKN 3 Jember. Implementasi model pembelajaran kooperatif di SMKN 3 Jember
memberikan dampak yang baik dalam proses pemebelajaran yang dilakukan oleh guru PAI. Peneliti
menemukan sebuah temuan yang mana sebelum model pembelajaran kooperatif ini dilaksanakan, guru
PAI menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang berlangsung sehingga hasilnya diketahui
para peserta didik kurang antusias ketika proses pembelajaran berlagsung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana perencanaan implementasi model
pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa Kelas X di SMKN 3 Jember? 2). Bagaimana pelaksanaan implementasi model
pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa Kelas X di SMKN 3 Jember? 3).Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran
kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Kelas X di SMKN 3 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1). perencanaan implementasi model pembelajaran
kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Kelas X di SMKN 3 Jember. 2). pelaksanaan implementasi model pembelajaran kooperatif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X di SMKN 3
Jember. 3). evaluasi implementasi model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X di SMKN 3 Jember.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif denga
jenis deskriptif . untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti
menggunakan studi kasus. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles,
Huberman, dan Saldana. dengan Langkah berikut ; kondensasi data, Penyajian data dan Menarik
kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber
dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan dilakukan melalui identifikasi tujuan
pembelajaran sesuai kompetensi dasar, pemetaan materi, pemilihan tipe model kooperatif, serta
penyusunan perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup, dengan guru membagi siswa dalam kelompok kecil dan memberikan tugas sesuai model
kooperatif yang dipilih. 3) Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang
tercermin dari meningkatnya partisipasi, antusiasme, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Adinul Islam Khoirul Alam |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:40 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:40 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
