Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Sekolah Dasar Baiturrohman Perumahan Griya Mangli Indah Kaliwates Jember Tahun 2025/2026

Jannah, Shifa (2025) Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Sekolah Dasar Baiturrohman Perumahan Griya Mangli Indah Kaliwates Jember Tahun 2025/2026. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shifa Aulia Jannah_211101010087 dua.pdf

Download (9MB)

Abstract

Shifa Aulia Jannah, 2025: Implementasi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di
Sekolah Dasar Baiturrohman Perumahan Griya Mangli Indah Kaliwates Jember.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an, Sekolah Dasar
Rendahnya minat masyarakat dalam menghafal al-Qur’an padahal kegiatan
tersebut memiliki nilai spiritual tinggi dan berperan penting dalam pembentukan
karakter religius peserta didik. SD Baiturrohman sebagai sekolah berbasis Islami
mengembangkan program tahfidz yang terdiri dari program ekstrakulikuler tahfidz
dan program tambahan camp tahfidz sebagai upaya menumbuhkan semangat serta
kemampuan hafalan peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi
pembelajaran tahfidz al-Qur’an program ekstrakulikuler tahfidz di SD
Baiturrohman Perumahan Griya Mangli Indah Kaliwates Jember tahun 2025/2026?
2) Bagaimana Implementasi pembelajaran tahfidz Program camp tahfidz al-Qur’an
di SD Baiturrohman Perumahan Griya Mangli Indah Kaliwates Jember tahun
2025/2026?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementadi
pembelajaran program ekstrakulikuler tahfidz di SD Baiturrohman Perumahan
Griya Mangli Indah Kaliwates Jember 2) Mendeskripsikan implementasi
pembelajaran program camp tahfidz di SD Baiturrohman Perumahan Griya Mangli
Indah Kaliwates Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,
wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data
penelitian ini menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan penarikan
kesimpulan. Kebasahan data merupakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah 1) Implementasi program
Ekstrakulikuler tahfidz perencanan pembelajaran tahfidz al-Qur’an melalui
program ekstrakulikuler tahfidz yaitu tujuan mampu menghafal juz 1 dan juz 30
sesuai visi misi sekolah, menentukan bahan ajar berupa buku tahfidz juz 1 dan 30,
pemilihan strategi pengelompokan berdasarkan capaiaan juznya, penggunaan
metode yaitu talaqi, serta evaluasi melalui tasmi. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz
al-Qur’an tahfidz yaitu menggunakan strategi pengelompokan dan menggunakan
metode talaqqi, evaluasi pembelajaran yaitu tasmi’. 2) Implementasi program camp
tahfidz, perencanan pembelajaran yaitu tujuan mampu menghafal juz 1 dan juz 30
sesuai visi misi sekolah, menentukan bahan ajar berupa buku tahfidz juz 1 30 dan
tutunan waqof ibtida’, pemilihan strategi pengelompokan berdasarkan capaiaan
juznya, penggunaan metode yaitu setoran, evaluasi munaqosyah. Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan strategi pengelompokan sesuai capaian juznya dan
menggunakan metode storan. Evaluasi pembelajaran yaitu munaqosyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an, Sekolah Dasar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shifa Jannah
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:43
Last Modified: 08 Dec 2025 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49643

Actions (login required)

View Item View Item