NURIYANG, KARIMAH (2025) KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA MATERI FUNGSI EKSPONEN KELAS X TKJ 1 SMK BINA MANDIRI AL-QODIRIYAH BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
KARIMAH HIDAYATUS N_212101070014.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Generalisasi, Gaya Belajar, Fungsi Eksponen
Kemampuan generalisasi matematis merupakan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi pola, membuat kesimpulan, dan menerapkan konsep matematika dalam berbagai situasi. Namun, tidak semua siswa menunjukkan kemampuan generalisasi yang optimal dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya pada materi fungsi eksponen. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut adalah gaya belajar siswa. Gaya belajar berperan dalam menentukan cara siswa memahami dan mengorganisasi informasi matematika sehingga mempengaruhi proses generalisasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana kemampuan generalisasi matematis siswa visual dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi fungsi eksponen kelas X TKJ 1 SMK Bina Mandiri Al-Qodiriyah Banyuwangi, 2) Bagaimana kemampuan generalisasi matematis siswa audiotori dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi fungsi eksponen kelas X TKJ 1 SMK Bina Mandiri Al-Qodiriyah Banyuwangi, 3) Bagaimana kemampuan generalisasi matematis siswa kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi fungsi eksponen kelas X TKJ 1 SMK Bina Mandiri Al-Qodiriyah Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek yang dipilih adalah 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar audiotori, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Data yang dikumpulkan menggunakan angket gaya belajar, instrumen tes kemampuan generalisasi, serta pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Milles dan Huberman serta menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan generalisasi matematis, meliputi kemampuan menuliskan pola dalam bentuk simbol atau rumus serta kemampuan menerapkan aturan umum dalam menyelesaikan masalah fungsi eksponen. 2) Siswa dengan gaya belajar audiotori juga memenuhi kedua indikator tersebut pada soal pertama, namun mengalami kesulitan pada soal kedua karena kurang teliti dalam mengamati interval waktu, sehingga penerapan aturan umum menjadi kurang tepat. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi kedua indikator secara konsisten, baik dalam menuliskan pola maupun dalam menggunakan aturan umum untuk menyelesaikan masalah pada materi fungsi eksponen. Temuan ini menunjukkan bahwa perbedaan gaya belajar berkontribusi pada variasi kemampuan generalisasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080109 Pattern Recognition and Data Mining 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics > 080205 Numerical Computation |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | KEMAMPUAN karimah nuriyang |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:47 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
