Ramadhani, Achmad Faruq (2025) Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Achmad Faruq Ramadhani_205101090020.pdf Download (22MB) |
Abstract
Achmad Faruq Ramadhani, 2025 : Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Pembelajaran IPS
Model pembelajaran bermain peran (role playing) merupakan salah satu model pembelajaran sosial, dengan menugaskan siswa untuk memerankan suatu tokoh yang ada dalam materi atau peristiwa yang diungkapkan dalam bentuk cerita sederhana yang bertujuan untuk menghidupkan suasana pembelajaran, meningkatkan pemahaman, mengembangkan keterampilan sosial, dan melatih pemecahan masalah, dan serta manfaatnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta meningkatkan keaktifan siswa, dalam model pembelajaran role playing juga lebih menarik maka dari itu saya meneliti model pembelajaran ini.
Fokus dalam penelitian yaitu : 1. Bagaimana perencanaan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025?, 2. Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025?, 3. Bagaimana evaluasi model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025?
Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025, 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi dari hasil dan proses model pembelajaran role playing IPS di MTs Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Perencanaan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Bondowoso menyusun skenario, menjelaskan tujuan pembelajaran, memilih pemeranan serta menjelaskan permasalahan yang ada 2. Pelaksanaan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Bondowoso, siswa memerankan tokoh yang ada dalam skenario, lalu mendiskusikan peran yang dimainkan dan guru memantau siswa yang sedang mempraktekkan tahap pelaksanaan dalam model pembelajaran role playing ini, 3. Evaluasi model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di MTs Darul Hikmah Bondowoso dilakukan oleh guru IPS dengan mengevaluasi pemeranan yang dilakukan oleh siswa, seperti tentang keseriusan, kefokusan yang nantinya akan dikembangkan di pemeranan kedua dan di evaluasi kembali.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | men Achmad Faruq Ramadhani |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:23 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:23 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
