PENGARUH PELAYANAN WEB SISTER TERHADAP KEPUASAN AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ANGKATAN 2024 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Hasanah, Dina Maulidatul (2025) PENGARUH PELAYANAN WEB SISTER TERHADAP KEPUASAN AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ANGKATAN 2024 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Dina Maulidatul Hasanah_221101030012 Manajemen pendidikan.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dina Maulidatul Hasanah, 2025: Pengaruh Pelayanan WEB SISTER Terhadap Kepuasan Akademik Mahasiswa Program Study Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2024 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Kata Kunci: Pelayanan WEB SISTER, Kepuasan Akademik Mahasiswa, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah Universits Islam yang menerapkan pelayanan digital, yaitu pelayanan WEB SISTER. Pelayanan ini diharapkan dapat membantu proses perkuliahan dan administrasi secara digital akan tetapi terdapat ketidak puasan yang dirasakan oleh pengguna. Hal tersebut mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait Pengaruh Pelayanan WEB SISTER Terhadap Kepuasan Akademik Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2024 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) bagaimana kualitas pelayanan WEB SISTER bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2024 FTIK UIN KHAS Jember; 2) bagaimana tingkat kepuasan akademik mahasiswa terhadap pelayanan WEB SISTER; dan 3) sejauh mana pengaruh pelayanan WEB SISTER terhadap kepuasan akademik mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelayanan WEB SISTER bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2024 FTIK UIN KHAS Jember; 2) mendeskripsikan tingkat kepuasan akademik mahasiswa terhadap pelayanan tersebut; 3) mengukur pengaruh pelayanan WEB SISTER terhadap kepuasan akademik mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Populasi meliputi seluruh mahasiswa program studi manajemen pendidikan islam angkatan 2024 yang berjumlah 199 mahasiswa, dengan sampel 67 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancaran dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS for windows version 30.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan Web SISTER yang dirasakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2024 FTIK UIN KHAS Jember berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 77,7%, 2) Tingkat kepuasan akademik mahasiswa berada pada kategori netral dengan rata-rata 59,8%. 3) terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan Web SISTER terhadap kepuasan akademik mahasiswa, dibuktikan dengan nilai t hitung 23,695 > t tabel 1,625 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Besarnya pengaruh pelayanan WEB SISTER terhadap kepuasan akademik mencapai 89,6%, sementara 10,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Dina maulidatul Hasanah
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:16
Last Modified: 09 Dec 2025 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49708

Actions (login required)

View Item View Item