Analisis Strategi Pemasaran Ikan Dan Sayuran Pada Sistem Aquaponik Di DEsa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Choirul Basori, Dandi (2025) Analisis Strategi Pemasaran Ikan Dan Sayuran Pada Sistem Aquaponik Di DEsa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DANDI CHOIRUL BASORI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dandi Choirul Basori, M.F. Hidayatullah. 2025 : Analisis Strategi Pemasaran
Ikan Dan Sayuran Dengan Sistem Aquaponik Di Desa Serut, Kec. Panti. Kab.
Jember.
Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam menjaga keunggulan
kompetitif perusahaan, baik di sektor pertanian maupun perikanan, termasuk
dengan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam. Di Jawa Timur, ikan lele dan ikan
nila menjadi komoditas perikanan yang paling banyak dibudidayakan karena
memberikan keuntungan besar, sementara sistem aquaponik hadir sebagai solusi
inovatif yang menggabungkan budidaya ikan dan sayuran secara berkelanjutan.
Fenomena penerapan aquaponik di Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten
Jember, menarik untuk diteliti karena mampu menghasilkan dua produk sekaligus
dan memiliki jangkauan pemasaran hingga ke luar kota.
Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut, 1. Bagaimana strategi
pemasaran ikan dan sayuran sistem aquaponik di Desa Serut, Kec. Panti, Kab.
Jember. 2. Apa saja kendala dan solusi dari strategi pemasaran ikan dan sayuran
hasil sistem aquaponik di Desa Serut, Kec. Panti, Kab. Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat
digunakan dalam memasarkan ikan dan sayuran hasil sistem aquaponik di Desa
Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, serta mengidentifikasi berbagai
kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi tersebut dan menemukan solusi
yang tepat untuk mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan
mengungkap makna di balik kenyataan melalui data deskriptif berupa ucapan,
tulisan, dan perilaku objek penelitian. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Serut,
Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, yang dipilih karena merupakan pusat
komunitas Agrobisnis Jember dan memiliki potensi besar dalam budidaya ikan
serta sayuran dengan sistem aquaponik.
Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian adalah sebagai
berikut, 1. Pelaku bisnis menerapkan strategi pemasaran dengan segmentasi
konsumen menjadi dua kelompok, targeting pada konsumen menengah ke bawah
dan ibu rumah tangga, serta positioning produk dengan menonjolkan penggunaan
bahan organik untuk membedakannya dari kompetitor. 2. Petani menghadapi
anjloknya harga saat panen raya dan keterbatasan tenaga kerja, sehingga solusi
yang dilakukan adalah membentuk komunitas, mengatur jadwal tanam, menjaga
stabilitas harga, serta melibatkan keluarga atau merekrut karyawan untuk
membantu usaha.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Aquaponik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Dandi Basori
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:27
Last Modified: 10 Dec 2025 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49725

Actions (login required)

View Item View Item