Penerapan model Reciprocal Teaching dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi

Firdaus, Shella (2025) Penerapan model Reciprocal Teaching dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shella Firdaus_222101010083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa harus selalu dikembangkan, beberapa siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran fikih di kelas. Namun, ditemukan juga potensi keaktifan siswa di kelas 7i, sehingga mendorong diterapkannya model Reciprocal Teaching guna mengembangkan keaktifan belajar siswa dalam bertanya, berdiskusi, dan mencari informasi.

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan siswa dalam bertanya melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi? 2) Bagaimana keaktifan siswa dalam berdiskusi melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi? 3) Bagaimana keaktifan siswa dalam mencari informasi melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan siswa dalam bertanya melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan siswa dalam berdiskusi melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan siswa dalam mencari informasi melalui penerapan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran fikih kelas 7i Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 3 Banyuwangi dengan subyek guru mata pelajaran fikih dan siswa kelas 7i. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini melaporkan bahwa: 1) Dari pertemuan pertama dan kedua, terdapat 2 kelompok menunjukkan perkembangan frekuensi pertanyaan dari satu menjadi dua pertanyaan. 2) Pada pertemuan pertama, 6 kelompok terlibat aktif dalam diskusi, lalu keterlibatan aktifnya berkembang menjadi 8 kelompok pada pertemuan kedua setelah adanya scaffolding dari guru. 3) Pada pertemuan pertama siswa menggunakan buku UKBM sebagai sumber informasi. Pada pertemuan kedua, keaktifan siswa mencari informasi berkembang, terlihat dari inisiatif siswa membawa laptop untuk mencari informasi yang lebih luas. Disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching terbukti efektif dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa. Sebaiknya guru mata pelajaran fikih lebih sering menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa selama proses belajar di kelas, salah satunya dapat melalui penerapan model Reciprocal Teaching.

Kata kunci: Model Reciprocal Teaching; Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shella Firdaus
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:10
Last Modified: 10 Dec 2025 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49745

Actions (login required)

View Item View Item