Iman, Ahmad Nailul (2025) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Sekolah Luar Biasa Negeri Cindogo Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Ahmad Nailul Iman_223206030053.pdf Download (18MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pendidikan Agama Islam merupakan hak fundamental yang tidak dapat diabaikan bagi siapapun termasuk anak berkebutuhan khusus. Realita dilapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti pada peserta didik reguler. Oleh karena itu butuh pendekatan yang tepat untuk mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
Fokus penelitian untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Cindogo Bondowoso, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Cindogo Bondowoso dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Cindogo Bondowoso.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Sekolah Luar Biasa Negeri Cindogo Bondowoso. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dengan teknik pengumpulan data yaitu memakai observasi, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI SLB Negeri Cindogo Bondowoso dilaksanakan dengan membagi kelas peserta didik sesuai dengan kebutuhan khusus yang dimiliki peserta didik per jenjang nya, penyusunan modul ajar yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran pada kurikulum sekolah luar biasa, memodifikasi kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, menggunakan sumber belajar tambahan seperti media visual-audio, benda konkret dan juga gambar. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI pada peserta didik SLB Negeri Cindogo Bondowoso terdiri dari penggunaan metode dan media sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik, mengkombinasikan metode pembelajaran seperti metode demonstrasi dan drill untuk membuat anak tidak bosan saat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar terdiri dari 3 kegiatan yaitu dimulai dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegitan penutup, memberikan pengalaman belajar secara langsung. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik SLB Negeri Cindogo Bondowoso terdiri dari yang pertama evaluasi hasil pembelajaran berupa tes tulis (disesuaikan dengan kemampuan), praktik langsung dan observasi perilaku. Kemudian yang kedua adalah evaluasi proses pembelajaran dilakukan oleh beberapa pihak diantaranya pengawas sekolah, kepala sekolah serta pengawas dari Kementerian Agama provinsi dan kabupaten.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ahmad Nailul Iman |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:33 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
