Sa'diyah, Halimatus (2025) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH SYARIFUDDIN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember.
|
Text
HALIMATUS S - 211101030089.pdf Download (12MB) |
Abstract
Halimatus Sa’diyah, 2025: Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Syarifuddin Lumajang.
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kualitas Pembelajaran, Kepala Madrasah.
Peningkatan kualitas pembelajaran guna mengoptimalkan potensi peserta didik. Supervisi akademik berperan dalam membimbing guru secara sistematis agar mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara optimal. Namun, pelaksanaannya di lapangan masih menghadapi kendala, seperti lemahnya tindak lanjut hasil supervisi yang berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran, yang ditunjukkan dengan kurangnya keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala MA Syarifuddin Lumajang? 2) Bagaimana kualitas pembelajaran di MA Syarifuddin Lumajang? 3) apakah terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran di MA Syarifuddin Lumajang?
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala MA syarifuddin lumajang. 2) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran di MA syarifuddin lumajang. 3) Menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran di MA syarifuddin lumajang.
Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif korelasi. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), dan dokumentasi. Instrumen penelitian disebarkan kepada seluruh guru MA Syarifuddin Lumajang, dan data dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi akademik (X) oleh kepala madrasah berada pada kategori tinggi dengan persentase 55,6%, yang menunjukkan bahwa kepala madrasah telah melaksanakan pembinaan dan pendampingan terhadap guru secara baik dan berkelanjutan; 2) kualitas pembelajaran (Y) juga berada pada kategori tinggi dengan persentase 50,0%, yang menandakan bahwa guru mampu melaksanakan pembelajaran secara efektif; 3) hasil t-hitung = 3,853 lebih besar dari t-tabel = 2,032 dan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Koefisien determinasi (R²) sebesar 30,4% menunjukkan bahwa supervisi akademik memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran di madrasah aliyah syarifuddin lumajang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ronven Apriani Oktaviat |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:25 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:25 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
