Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan E-learning berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

MOHAMMAD SYAHID SATRIA, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan E-learning berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
MOHAMMAD SYAHID SATRIA_T20159004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mohammad Syahid Satria, 2020: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan E-learning berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembelajaran sebagai proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam melakukan proses belajar, dimana guru sebagai pembimbing bertolak dari banyaknya peserta didik yang bermasalah. Permasalahan tersebut membenarkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan guru sebagai pusatnya seringkali menghasilkan pembelajaran kelas yang pasif. Selain itu perkembangan teknologi yang sangat pesat juga mempengaruhi proses pembelajaran, dimana guru dituntut untuk berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar, disisi lain siswa juga harus peka terhadap teknologi yang berorientasi pada pendidikan. Dengan demikian, perlunya pengembangan model pembelajaran efektif dalam pencapaian hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inquiry menggunakan e-learning berbasis Edmodo. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah pengaruh hasil penerapan model pembelajaran inquiry menggunakan e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 terhadap hasil belajar siswa?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry menggunakan e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 terhadap hasil belajar siswa”. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Argopuro 1, dengan sampel kelas VIII-A dan VIII-D dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu claster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Instrumen pengumpulan data mengguakan tes sebanyak 20 butir soal. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test yang mana diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima. Artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran inquiry menggunakan e-learning berbasis edmodo dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas di SMP Argopuro 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini juga ditunjukkan oleh langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada model pembelajaran inquiry lebih dominan meningkatkan kemampuan berfikir kritiss siswa dan sikap aktif dalam pembelajaran serta dengan adanya E-learning berbasis edmodo menjadikan pembelajaran yang lebih variatif dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:05
Last Modified: 22 Mar 2022 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item