Ilmalmaula, Fawaida (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM KULIYATUL MU’ALIMAT AL-ISLAMIYAH DALAM MENCETAK GURU ISLAM BERKUALITAS DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUR RIDWAN PARANGHARJO SONGGON BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Skripsi Fawaida Ilmalmaula (221101030023).pdf Download (5MB) |
Abstract
Fawaida Ilmalmaula, 2025: Implemetasi Kurikulum Kuliyatul Mu’alimat AlIslamiyah dalam Mencetak Guru Islam Berkualitas di Pondok Pesantren Modern
Darur Ridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Kuliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah, Guru
Islam Berkualitas
Kurikulum Kuliyatul Mu'alimat Al-Islamiyah merupakan sistem
pendidikan kaderisasi guru agama yang pertama kali dikembangkan oleh Pondok
Modern Darussalam Gontor sebagai respons terhadap kebutuhan guru-guru Islam
yang kompeten di era modern. Program enam tahun ini dirancang secara khusus
dengan pendekatan integral yang memadukan kurikulum agama dan umum.
Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) bagaimana perencanaan kurikulum
kuliyatul mu’alimat al-islamiyah dalam mencetak guru islam yang berkualitas di
Pondok Pesantren Modern Daruridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi?. 2)
Bagaimana pelaksanaan kurikulum kuliyatul mu’alimat al-islamiyah dalam
mencetak guru islam yang berkualitas di Pondok Pesantren Modern Daruridwan
Parangharjo Songgon Banyuwangi?. 3) Bagaimana evaluasi kurikulum kuliyatul
mu’alimat al-islamiyah dalam mencetak guru islam yang berkualitas di Pondok
Pesantren Modern Daruridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi?.
Tujuan penelitian terdiri dari 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
kurikulum kuliyatul mu’alimat al-islamiyah dalam mencetak guru islam yang
berkualitas di Pondok Pesantren Modern Daruridwan Parangharjo Songgon
Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum kuliyatul
mu’alimat al-islamiyah dalam mencetak guru islam yang berkualitas di Pondok
Pesantren Modern Daruridwan Parangharjo Songgon Banyuwangi. 3) Untuk
mendeskripsikan evaluasi kurikulum kuliyatul mu’alimat al-islamiyah dalam
mencetak guru islam yang berkualitas di Pondok Pesantren Modern Daruridwan
Parangharjo Songgon Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Menggunakan Teknik purposive dengan sumber data dari
pengasuh pondok pesantren, direktur kuliyatul mu’alimat al-islamiyah, guru atau
ustadzah, ketua pondok dan santri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah:1) Perencanaan kurikulum kuliyatul
mu’alimat al-islamiyah dalam mencetak guru islam yang berkualitas terdiri dari
lima langkah, dimulai dari: Rapat persiapan awal tahun, seleksi dan integrasi guru
baru, penyusunan konsep awal, penyesuaian jadwal dan finalisasi dan membuat
jadwal atau menentukan waktu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. 2)
Pelaksanaannya melalui Integrasi kurikulum kuliyatul mu’alimat al-islamiyah
dengan kurikulum kementrian agama, waktu pembelajaran yang terencana,
pembiasaan bahasa arab dan inggis secara konsisten, kegiatan ektrakurikuler
wajib dan pilihan. 3) evaluasi dengan cara evaluasi penilaian santri, ujian lisan
dan ujian tulis, praktik mengajar, rapat evaluasi guru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ms Fawaida Ilmalmaula |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 06:35 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 06:35 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
