Nur Khofifah, Eva (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Raudhotul Jannah Jenggawah. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
EVA NUR KHOFIFAH_233206040006.pdf Download (8MB) |
Abstract
Eva Nur Khofifah, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Raudhotul Jannah Jenggawah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag dan Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd,I
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Media Cerita Bergambar, dan Kemampuan Membaca Siswa
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudhotul Jannah, Jenggawah yang dipengaruhi oleh kurang tepatnya pemilihan model dan media pembelajaran. Model CIRC dipilih karena menekankan kerja sama kelompok keterpaduan antara membaca dan menulis, serta keterlibatan aktif siswa, sementara media cerita bergambar digunakan untuk mempermudah pemahaman teks sekaligus menumbuhkan minat baca. Melalui penerapan model ini, siswa diharapkan mampu memahami isi bacaan dengan lebih mendalam dan terstruktur. Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran mengenai strategi pembelajaran inovatif yang dapat menjadi solusi dalam meningkatkan literasi dasar siswa sekolah dasar.
Tujuan penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan berbantuan cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterlibatan peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis manfaat cerita bergambar dalam mendukung membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative inytegrated reading and composition (CIRC) siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles, Hubermen, dan Saldana dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penerapan model CIRC berbantuan cerita bergambar berjalan sistematis melalui pengelompokan heterogen, kegiatan membaca berpasangan, diskusi kelompok, penulisan rangkuman, presentasi hasil, siswa mengerjakan tugas secara mandiri serta penguatan guru yang memberikan umpan balik untuk memperbaiki pemahaman siswa. 2) Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini tergolong sangat baik karena cerita bergambar mampu menarik perhatian, mempermudah pemahaman, serta meningkatkan antusiasme, partisipasi, interaksi, dan motivasi belajar mereka dalam memahami bacaan. 3) Perpaduan model CIRC dan manfaat dari cerita bergambar Adalah pembelajaran lebih menarik, pembelajaran lebih jelas maknanya, dan metode mengajar lebih bervariasi, sehingga siswa tidak mudah bosan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Nona Eva Nur Khofifah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:03 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:03 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
