Natania, Zahrani Eka (2025) Upaya Pencapaian Target Hafalan Al-Qur'an Melalui Kedisiplinan Siswa Pada Program Tahfidz Kelas IX F Di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2025/2026. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Zahrani Eka Natania_221101010013.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Hafalan Al-Qur’an, Kedisiplinan, Program Tahfidz
Salah satu jenis program yang ada di SMP “Plus” Darus Sholah Jember adalah program tahfidz Al-Qur'an, yang menekankan bahwa siswa harus disiplin dan meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Kedisiplinan sangat penting untuk mencapai target hafalan yang telah ditentukan pihak sekolah dengan kehadiran tepat waktu, konsisten dalam menyetorkan hafalan, dan rajin melakukan murojaah, ziyadah, dan menghafal. Pembiasaan disiplin ini membantu siswa mempertahankan hafalan dan mendorong siswa untuk mencapai target hafalan sesuai ketentuan yang di tetapkan sekolah.
Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana upaya pencapaian target hafalan Al-Qur’an melalui kedisiplinan siswa pada program tahfidz kelas IX F SMP “Plus” Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana bentuk kedisiplinan siswa pada program tahfidz Al-Qur’an di kelas IX F SMP “Plus” Darus Sholah Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan suatu upaya pencapaian target hafalan Al-Qur’an melalui kedisiplinan siswa serta menggambarkan suatu bentuk kedisiplinan siswa yang diterapkan dalam program tahfidz Al-Qur’an di kelas IX F SMP “Plus” Darus Sholah Jember.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi jenis partisipasi pasif, wawancara terstruktur dan bebas, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menurut Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya yang dilakukan siswa, guru ataupun orang tua dengan menggunakan berbagai strategi untuk mencapai target hafalan mereka. Strategi-strategi yang dilakukan siswa ini termasuk membuat jadwal pribadi, membiasakan murojaah setiap hari, dan berpartisipasi dalam murojaah kelompok. Sementara orang tua membantu dengan pengawasan hafalan di rumah dan membuat jadwal tambahan. Selain itu guru menggunakan metode talaqqi, menuliskan ayat sebelum dihafal, memberikan pendampingan tambahan kepada siswa yang tertinggal, dan melakukan evaluasi rutin setiap hari, minggu, bulan, dan semester. 2) bentuk kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa tampak ketika siswa hadir tepat waktu, konsistensi dalam hafalan dan murojaah, rajin melakukan murojaah, ziyadah, dan menghafal serta keterlibatan dalam estafet Al-Qur'an dan sima'an mingguan. Tidak hanya itu siswa juga menaati aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, program tahfidz di SMP "Plus" Darus Sholah Jember sangat bergantung pada koordinasi upaya sistematis dan kedisiplinan siswa selama proses pembelajaran program tahfidz berlangsung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Zahrani Eka Natania |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:10 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:10 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
