Pemanfaatan Gedebog Pisang Sebagai Media Papan Replika Tangan dan Kaki (pakani) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas VI di SDN Tanggul Wetan 02 Jember

Laili, Rizqina Nur (2025) Pemanfaatan Gedebog Pisang Sebagai Media Papan Replika Tangan dan Kaki (pakani) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas VI di SDN Tanggul Wetan 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZQINA NUR LAILI_222101040074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Gedebog Pisang, Media Pembelajaran, Keaktifan dan Hasil Belajar
Pemanfaatan gedebog pisang sebagai media papan replika tangan dan kaki (pakani) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas VI di SDN Tanggul Wetan 02 Jember merupakan inovasi yang bertujuan meningkatkan keaktifan siswa serta hasil belajarnya. Gedebog pisang yang mudah didapat dan ramah lingkungan diolah menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Dengan media pakani ini, diharapkan proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif, sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dan mampu mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana keaktifan dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah membuat media pembelajaran papan replika tangan dan kaki (PAKANI) kelas VI di SDN Tanggul Wetan 02 Jember. 2) Dapatkah penerapan media papan replika tangan dan kaki (PAKANI) berbahan gedebog pisang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPAS di SDN Tanggul Wetan 02 Jember. Dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keaktifan dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah membuat media pembelajaran papan replika tangan dan kaki (pakani) kelas VI di SDN Tanggul Wetan 02 Jember, Untuk mendeskripsikan penerapan media papan replika tangan dan kaki () berbahan gedebog pisang dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPAS di SDN Tanggul Wetan 02 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Action Research dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan gedebog pisang sebagai media papan replika tangan dan kaki (PAKANI) terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa yang awalnya 20% dengan membuat media papan replika tangan dan kaki menjadi 100% dibuktikan dengan tes hasil belajar. Penerapan media papan replika tangan dan kaki (PAKANI) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dibuktikan dengan kriteria keaktifan dan tes hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riz Rizqina Nur Laili
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:12
Last Modified: 15 Dec 2025 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49954

Actions (login required)

View Item View Item