Ansori, Moh. Khoirur Rosyid (2025) Pengaruh Penggunaan Multimedia Learning dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Critical Thinking Siswa Kelas Bina Prestasi MTs Negeri 1 Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
MOH KHOIRUR ROSYID ANSORI_233206030015_.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Moh. Khoirur Rosyid Ansori, 2025. Pengaruh Penggunaan Multimedia learning dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Critical thinking Siswa Kelas Bina Prestasi MTs Negeri 1 Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci : Multimedia Learning, Kompetensi Pedagogik Guru, Cirtical Thinking
Perkembangan teknologi menuntut pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, namun praktik di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih rendah meskipun multimedia learning mulai digunakan. Observasi di MTs Negeri 1 Jember juga menunjukkan bahwa efektivitas multimedia sangat bergantung pada kompetensi pedagogik guru dalam mengelola teknologi. Keunikan penelitian ini terletak pada pengujian simultan pengaruh multimedia learning dan kompetensi pedagogik guru terhadap critical thinking siswa, sehingga dapat diketahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis berasal dari teknologi semata atau justru dari kualitas pedagogik guru yang menguatkan penggunaan multimedia tersebut.
Fokus Penelitian ini adalah 1.Apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia learning terhadap critical thinking siswa kelas bina prestasi MTs Negeri 1 Jember? 2. Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap critical thinking siswa kelas bina prestasi MTs Negeri 1 Jember? 3.Apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia learning yang dimoderasi dengan kompetensi pedagogik guru terhadap critical thinking siswa kelas bina prestasi MTs Negeri 1 Jember?
Tujuan Penelitian in adalah 1.Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia learning terhadap pembentukan critical thinking siswa kelas bina prestasi 2.Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap critical thinking siswa kelas bina prestasi MTs Negeri 1 Jember?3.Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh multimedia learning yang dimoderasi dengan kompetensi pedagogik guru terhadap pembentukan critical thinking siswa kelas bina prestasi
Penelitian ini menggunakan pendakatan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelasional expost facto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotionate stratified random sampling sejumlah 170 dari populasi 288 orang siswa kelas bina prestasi MTs Negeri 1 Jember. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji Hipotesis dan uji koefisien determinan (R2). Seluruh uji dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan Penggunaan multimedia learning dan kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan critical thinking siswa bina prestasi di MTs Negeri 1 Jember. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut, baik secara terpisah maupun simultan, berkontribusi positif, dengan signifikansi masing-masing 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama, keduanya memberikan peran besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, dengan kontribusi sebesar 39,6% berdasarkan nilai adjusted R square.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr MOH. KHOIRUR ROSYID ANSORI |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 07:42 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 07:42 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
