Iklim Organisasi dalam Perkembangan Profesionalisme Guru di SMP Al-Furqan Jember

Fitria, Aliva (2025) Iklim Organisasi dalam Perkembangan Profesionalisme Guru di SMP Al-Furqan Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aliva Fitria_223106010031.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata kunci: Iklim Organisasi, Profesionalisme Guru, Struktur Organisasi, Konflik, Standar Kinerja

Profesionalisme guru merupakan elemen penting dalam menentukan kualitas pendidikan, karena guru berperan langsung dalam proses pembelajaran peserta didik. Profesionalisme tidak hanya ditentukan oleh kompetensi individu, tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang mendukung, salah satunya melalui iklim organisasi sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana iklim organisasi di SMP Al-Furqan berkontribusi terhadap pengembangan profesionalisme guru di SMP Al-Furqan Jember.
Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana struktur organisasi dalam pengembangan profesionalisme guru di SMP Al-Furqan Jember? 2) Bagaimana dinamika konflik dalam pengembangan profesionalisme guru di SMP Al-Furqan Jember? 3) Bagaimana standar kinerja dalam pengembangan profesionalisme guru di SMP Al-Furqan Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Al-Furqan Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara partisipatif pasif, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana yang meliputi tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini 1) Struktur organisasi di SMP Al-Furqan Jember terbentuk dengan memadukan sentralisasi strategis oleh yayasan dan desentralisasi operasional di tingkat sekolah, sehingga menghasilkan pembagian tugas yang jelas menunjukkan spesialisasi tugas, alur koordinasi fleksibel, serta multi peran yang adaptif. 2) Dinamika konflik di SMP Al-Furqan Jember diposisikan sebagai peluang penguatan organisasi melalui penyelesaian berjenjang, sementara konflik yang muncul umumnya berupa miskomunikasi kecil dengan sistem SP1-SP3 sebagai kontrol formal. 3) Standar kinerja di SMP Al-Furqan Jember dilakukan dengan penilaian kinerja yang holistik, penilaian oleh multipihak sehingga menghasilkan evaluasi yang objektif, serta penerapan reward dan punishment yang terstruktur berbasis SOP menciptakan evaluasi yang berorientasi pembinaan. Secara keseluruhan, ketiga aspek tersebut bersinergi membentuk iklim organisasi yang mendukung terwujudnya profesionalisme guru di SMP Al-Furqan Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aliva Fitria
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:47
Last Modified: 16 Dec 2025 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50014

Actions (login required)

View Item View Item