Analisis Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas Digital dan Kelas Sains pada Materi Tata Surya di MTsN 1 Lumajang

Himayatuddiana, Himayatuddiana (2025) Analisis Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas Digital dan Kelas Sains pada Materi Tata Surya di MTsN 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HIMAYATUDDIANA_221101100009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar; Kelas Digital; Kelas Sains; Ex Post Facto; Tata Surya.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sistem pengelompokan kelas di MTsN 1 Lumajang, salah satunya adalah kelas digital dan kelas sains, yang masing-masing memiliki fokus pengembangan berbeda, namun selama pembelajaran guru memberikan perlakukan pendekatan yang sama di setiap kelasnya. Pengelelompokan kelas berdasarkan potensi dan minat mengelompokkan siswa sesuai karakteristik namun model dan metode pembelajaran yang sama diduga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA materi Tata Surya.
Berdasarkan kondisi tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas digital dan kelas sains, dan (2) Faktor apa saja yang memengaruhi adanya perbedaan hasil belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa kelas digital dan kelas sains pada materi Tata Surya di MTsN 1 Lumajang.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto, karena data hasil belajar telah tersedia sebelum penelitian dilakukan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII C sebagai kelas sains dan VII J sebagai kelas digital. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi hasil penilaian pembelajaran IPA yang sudah ada, observasi dan wawancara untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebabnya. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar antara kedua kelas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga uji hipotesis dapat dilakukan menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas digital dan kelas sains pada materi Tata Surya. Nilai rata-rata kelas sains sebesar 90,00 dan kelas digital sebesar 87,55 menunjukkan bahwa kelas sains memiliki capaian akademik yang lebih tinggi. Faktor penyebab perbedaan tersebut meliputi motivasi belajar, konsentrasi siswa, minat terhadap materi, dinamika sosial kelas, serta lingkungan belajar yang memengaruhi efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran bahwa pengelompokan kelas berdasarkan karakteristik pembelajaran berpotensi memengaruhi hasil belajar siswa, khususnya pada materi IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Himayatud diana
Date Deposited: 16 Dec 2025 03:00
Last Modified: 16 Dec 2025 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50023

Actions (login required)

View Item View Item