Efektivitas penggunaan media flashcard berbasis game terhadap motivasi belajar siswa ma'had materi unsur, senyawa, dan campuran di MTsN 1 Lumajang

Afriyani, Lyra Rizky Nur (2025) Efektivitas penggunaan media flashcard berbasis game terhadap motivasi belajar siswa ma'had materi unsur, senyawa, dan campuran di MTsN 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LYRA RIZKY NUR AFRIYANI_222101100009.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata kunci: media flashcard berbasis game; motivasi belajar; siswa ma’had; pembelajaran IPA

Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keterlibatan dan keberhasilan siswa, khususnya pada kelas ma’had yang memiliki aktivitas padat dan kecenderungan jenuh selama pembelajaran. Kondisi ini tampak pada siswa ma’had MTs Negeri 1 Lumajang yang menunjukkan rendahnya perhatian, keaktifan, serta semangat belajar, terutama pada materi IPA yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media flashcard berbasis game unsur, senyawa, dan campuran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ma’had berdasarkan kerangka Self-Determination Theory (SDT) yang meliputi aspek otonomi, kompetensi, dan keterhubungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas ma’had, yaitu kelas 8E sebagai kelompok eksperimen dan kelas 8F sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa kuesioner motivasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar antara kedua kelompok setelah perlakuan diberikan. Media flashcard berbasis game digunakan sebagai perlakuan dalam kelompok eksperimen melalui aktivitas menebak kartu, diskusi singkat, dan kompetisi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil data yang telah di analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang di beri perlakuan flashcard berbasis permainan dengan kelompok kontrol yang mengikuti metode pembelajaran tradisional. Nilai probabilitas hitung sig(2-tailed) kurang dari 0,05 (berdasarkan kriteria hipotesis, maka H1 diterima), dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor kuesioner kelompok eksperimen dan kelompok kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Lyra Rizky Nur Afriyani
Date Deposited: 16 Dec 2025 03:04
Last Modified: 16 Dec 2025 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50024

Actions (login required)

View Item View Item