Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Maps Berbasis Lumi Education Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rambipuji 01 Jember

Ismanti, Septie Putri (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Maps Berbasis Lumi Education Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rambipuji 01 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Septie Putri Ismanti_211101040009.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Media, Game Maps berbasis Lumi Education, Pembelajaran IPAS
IPAS sebagai mata pelajaran yang membutuhkan media pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah memahami materi secara responsif. Namun, hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas IV SDN Rambipuji 01 menunjukkan bahwa peserta didik kesulitan memahami materi kekayaan budaya Indonesia karena kurang tersedianya media yang menarik. Pada pembelajaran, guru mengandalkan metode ceramah dan buku paket. Sebagai solusi, dikembangkan media interaktif Game Maps berbasis Lumi Education yang dirancang menyenangkan dan mendukung pembelajaran aktif dan membantu siswa memahami materi kekayaan budaya Indonesia melalui pendekatan bermain sambil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendekripsikan proses pengembangan media Game Maps berbasis Lumi Education materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SDN Rambipuji 01 Jember. 2) Mendeskripsikan kelayakan media Game Maps berbasis Lumi Education materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SDN Rambipuji 01 Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan media Game Maps berbasis Lumi Education materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SDN Rambipuji 01 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan. Tahap Analysis dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan wali kelas IV untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan peserta didik, karakteristik peserta didik, serta materi yang akan diajarkan. Tahap Design, mencakup perancangan media, penyiapan bahan dan alat, serta pemilihan materi pembelajaran yang sesuai. Tahap Development, media pembelajaran interaktif Game Maps berbasis Lumi Education yang telah dirancang kemudian dikembangkan menjadi bentuk media yang siap digunakan dan divalidasi oleh ahli media, materi, dan pembelajaran. Tahap Implementation dilakukan melalui uji coba media dalam proses pembelajaran di kelas secara bertahap, dimulai dari uji coba kelompok kecil hingga uji coba kelompok besar. Tahap Evaluation dilakukan dengan mengumpulkan data melalui angket yang melibatkan ahli media, ahli materi, guru dan siswa, serta melalui analisis hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Produk yang dikembangkan adalah media Game Maps berbasis Lumi Education materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SDN Rambipuji 01. 2) Media ini dinyatakan sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi tiga ahli dengan rata-rata skor 96,9% 3) Keefektifan media diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dengan presentase respon 96% sangat memuaskan. Sementara itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan nilai dengan rata-rata N-Gain score 0,8172 kategori sangat baik dan N-Gain presentase 81,6504 kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Septie Putri Ismanti
Date Deposited: 16 Dec 2025 06:35
Last Modified: 16 Dec 2025 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50048

Actions (login required)

View Item View Item