Penerapan Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Miftahul Midad

bidayanto, dwi erik (2025) Penerapan Perpustakaan Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Miftahul Midad. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI ERIK BIDAYANTO_ 211101030087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Perpustakaan Digital, Literasi Membaca

Perpustakaan merupakan jendela dunia semakin sering membaca buku sehingga memiliki wawasan yang lebih luas. dengan adanya perpustakaan menjadikan sebuah penunjang sebuah pembelajaran yang dilakukan dalam instansi pendidikan. Perpustakaan digital terbentuk dikarenakan terdapat
perkembangan teknologi, sehingga perpustakaan digital seharusnya menjadi pusat sumber belajar yang mudah diakses kapan saja.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana krakteristik perpustakaan berbasis digital untuk meningkatkan literasi membaca yang ada di STIT Miftahul Midad. 2) Bagaimana penerapan perpustakaan berbasis digital dapat meningkatkan literasi
membaca mahasiswa di STIT Miftahul Midad.Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan karakteristik perpustakaan berbasis
digital untuk meningkatkan literasi membaca yang dilakukan oleh STIT Miftahul Midad. 2) Mendeskripsikan penerapan perpustakaan berbasis digital dapat meningkatkan literasi membaca di STIT Miftahul Midad.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif model interaktif Milles, Huberman dan Saldana (kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian: 1) STIT Miftahul Midad menunjukkan komitmen kuat dalam menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai dan modern bagi mahasiswanya. Institusi ini tidak hanya mengandalkan perpustakaan fisik, tetapi juga telah mengembangkan perpustakaan digital serta sangat memudahkan
mahasiswa dalam mengakses sumber belajar. 2) Perpustakaan digital di STIT Miftahul Midad telah berhasil menjadi media utama yang efektif dalam menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya institusi dalam menyediakan koleksi yang relevan. Koleksi digital yang ada disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan akademis dan program studi yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dwi erik dwi erik bidayanto
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:54
Last Modified: 16 Dec 2025 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50054

Actions (login required)

View Item View Item