Evaluasi Tahap Awal dengan Model CIPP pada Program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger

MAULIDA, VIKA (2025) Evaluasi Tahap Awal dengan Model CIPP pada Program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VIKA MAULIDA WM NEW.pdf

Download (9MB)

Abstract

Program SPAB bertujuan meningkatkan pemahaman, kesiapsiagaan, serta kemampuan seluruh warga sekolah dalam menghadapi kondisi darurat. Program tersebut berperan penting dalam upaya pengurangan risiko bencana di sekolah. Pada tahap awal program diperlukan adanya perlu evaluasi yang dilihat dari context, input, process, dan produk untuk keberlangsungan program kedepannya.
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana evaluasi context pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger?, 2). Bagaimana evaluasi input pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger?, 3). Bagaimana evaluasi process pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger?, 4). Bagaimana evaluasi product pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger?
Tujuan penelitin ini adalah:1). Untuk mendiskripsikan evaluasi context pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger, 2). Untuk mendiskripsikan evaluasi input pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger, 3). Untuk mendiskripsikan evaluasi process pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger, 4). Untuk mendiskripsikan evaluasi product pada program Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMPN 3 Puger.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa: 1) Evaluasi context program SPAB mendapatkan hasil yang sangat baik dengan memenuhi semua kriteria yaitu lingkungan yang mendukung, dan sesuai dengan kebutuhan sasaran program 2) Evaluasi input (masukan) pada program SPAB di SMPN 3 Puger memperoleh hasil baik karena program SPAB dilengkapi oleh aspek-aspek pelaksanaan program yaitu SDM, sarana dan prasarana, dana/anggaran, dan prosedur kegiatan program. 3). Evaluasi process (proses) pada program SPAB di SMPN 3 Puger mendapatkan hasil cukup karena pengajar melakukan implementasi pendidikan kebencanaan yang kurang sesuai dengan rencana, pelaksanaan SPAB kurang sesuai dengan rencana, namun pemanfaatan sarana dan prasarana sudah cukup maksimal. 4). Evaluasi product (produk) pada program SPAB di SMPN 3 Puger mendapatkan hasil baik karena adanya perubahan yang terjadi setelah adanya program SPAB baik dalam aspek fisik, manajemen, dan pengetahuan serta kesadaran warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vika Maulida
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:40
Last Modified: 17 Dec 2025 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50119

Actions (login required)

View Item View Item