Jinnan Jauharotul, Naila (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM ENGLISH DAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN STORYTELLING DI MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN AL QODIRI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Shiddiq Jember.
|
Text
Naila Jauharotul Jinnan (SKRIPSI)-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Program English Day, Kemampuan
Storytelling, Mutu Pendidikan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan kemampuan
berbahasa Inggris siswa, khususnya keterampilan storytelling, sebagai respons
terhadap rendahnya kepercayaan diri dan kelancaran berbicara di MTs Unggulan
Al Qodiri 1 Jember. Program English Day diterapkan sebagai strategi pembiasaan
bahasa untuk menciptakan lingkungan belajar yang komunikatif dan mendukung
pengembangan kemampuan lisan siswa.
Fokus penelitian ini meliputi: (1) perencanaan program English Day dalam
meningkatkan kemampuan StoryTelling (2) pelaksanaan kebijakan program
English Day. (3) pengawasan terhadap pelaksanaan program. dan (4) evaluasi
program English Day terhadap kemampuan StoryTelling di MTs Unggulan Al
Qodiri 1 Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan program
English Day dalam meningkatkan kemampuan StoryTelling di Mts Unggulan Al
Qodiri 1 Jember. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan programEnglish Day dalam
meningkatkan kemampuan StoryTelling di Mts Unggulan Al Qodiri 1 Jember. (3)
Mendeskripsikan pengawasan program English Day dalam meningkatkan
kemampuan StoryTelling di Mts Unggulan Al Qodiri 1 Jember. (4)
Mendeskripsikan Evaluasi program English Day terhadap kemampuan
StoryTelling di Mts Unggulan Al Qodiri 1 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bahasa
Inggris, ketua bidang bahasa, dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan
model Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup tahapan kondensasi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program dilakukan
secara partisipatif. (2) pelaksanaan berlangsung melalui pembiasaan berbahasa
Inggris dan kegiatan storytelling rutin. (3) pengawasan dilakukan oleh guru dan
pengurus bahasa untuk memastikan konsistensi. (4) evaluasi dilakukan melalui
rapat dan komunikasi digital. Keempat tahapan tersebut berjalan sistematis dan
saling mendukung. Kesimpulannya, program English Day berkontribusi
signifikan terhadap peningkatan kemampuan storytelling siswa, ditandai dengan
meningkatnya kreativitas, kelancaran, kepercayaan diri, serta motivasi berbahasa
Inggris. Temuan ini menegaskan bahwa pembiasaan berbahasa dalam lingkungan
sekolah berdampak positif terhadap mutu pembelajaran dan dapat menjadi model
pengembangan program bahasa di madrasah lain.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ms Naila Jauharotul Jinnan |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 04:32 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 04:32 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
