Az-Zahrah, Aisyah Nur Sabillah (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Fungsi Kuadrat Kelas X PK MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Aisyah Nur Sabillah Az-Zahrah_211101070019.pdf Download (33MB) |
Abstract
Aisyah Nur Sabillah Az-Zahrah, 2025: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Fungsi Kuadrat Kelas X PK MAN 1 Jember.
Kata Kunci: Penggunaan Media Pembelajaran Scratch, Pemahaman Konsep Matematis, Fungsi Kuadrat
Pembelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat sering kali dianggap sulit oleh siswa karena konsep yang disampaikan bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman mendalam. Banyak siswa hanya menghafal rumus tanpa memahami makna dan hubungan antara persamaan dengan bentuk grafik parabola. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat membantu memvisualisasikan konsep tersebut adalah media pembelajaran Scratch. Scratch memungkinkan siswa mengamati hubungan antara perubahan nilai koefisien fungsi kuadrat dengan bentuk grafik secara langsung, sehingga konsep menjadi lebih konkret dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Scratch terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika materi fungsi kuadrat di kelas X PK MAN 1 Jember.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design, pengembangan dari True Experimental Design namun tanpa pengacakan subjek. Penelitian melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Scratch dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain ini digunakan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran Scratch terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi fungsi kuadrat.
Berdasarkan hasil uji hipotesis posttest diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Scratch berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa, ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil tes pemahaman konsep matematis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, media pembelajaran Scratch efektif digunakan dalam pembelajaran fungsi kuadrat di kelas X PK MAN 1 Jember.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | sis Aisyah Nur Sabillah Az-Zahrah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 08:31 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 08:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
