Lestari, Maghfirotul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JUMANJI ADVENTURE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DARUT THALABAH BONDOWOSO. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
TESIS MAGHFIROTUL FIRMANING LESTARI 2025.pdf Download (9MB) |
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran yang cukup signifikan di dalam pembelajaran, sebab peran dari media pembelajaran adalah untuk dapat memudahkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didiknya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kendala yaitu antusiasme dan motivasi belajar masih kurang. Dengan adanya pengembangan Media Pembelajaran Jumanji Adventure maka dapat mengatasi kendala yang telah disebutkan.
Berdasarkan problem tersebut, adapun tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan Validitas Media Pembelajaran Jumanji Adventure Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Darut Thalabah Bondowoso. (2) Untuk menguji Kepraktisan Media Pembelajaran Jumanji Adventure Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Darut Thalabah Bondowoso. (3) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Media Pembelajaran Jumanji Adventure Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Darut Thalabah Bondowoso.
Jenis penelitian pada penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan unttuk pengumpulan data mencakup lembar angket dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi memperoleh nilai dari validator ahli media dengan sebesar 95% dikategorikan “sangat valid”, validator ahli materi mendapatkan 88% yang berarti “Valid”, dan validator ahli bahasa mendapatkan skor 93% masuk kategiri “Sangat Valid” sehingga memperoleh rata-rata 92% dikategorikan “sangat valid”. 2) media pembelajaran Jumanji Adventure tergolong sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran karena mendapat nilai 82% menilai positif bahwa media pembelajaran tersebut sangat praktis dan menyenangkan. 3) Hasil uji efektivitas berdasarkan uji N-Gain dari nilai pre-test dan post test peserta didik mencapai 71,22% sehingga masuk kategori “cukup efektif” hal ini membuktikan bahwa media yang dikembangkan peneliti cukup efektif untuk digunakan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Maghfirotu Firmaning Lestari |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:38 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:38 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
