Kholisin, Muhammad Nurul (2025) Peran kepala madrasah dalam mewujudkan lingkungan belajar berbasis teknologi pada era digital di MA Wahid Hasyim Balung. Undergraduate thesis, UIN kiai haji achmad Siddiq Jember.
|
Text
Muhammad Nurul Kholisin_204101030005.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif. Teknologi telah
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, termasuk dalam
dunia pendidikan. Integritasi teknologi dalam proses pembelajaran telah terbukti
mampu meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai cara. Seperti
memfasilitasi akses terhadap informasi yang luas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi kepala
madrasah untuk mengembangkan lingkungan belajar berbasisi teknologi pada era
digital di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung? 2) Bagaimana penerapan
kepala madrasah dalam mengembangkan lingkungan berbasis teknologi pada era
digital di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung? 3) Apa saja hambatan yang
dihadapi kepala madrasah dalam mengembangkan lingkungan belajar berbasis
teknologi pada era digital di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung ?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi kepala
madrasah untuk mengembangkan lingkungan belajar berbasisi teknologi pada era
digital di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung. 2) Untuk mendeskripsikan
penerapan kepala madrasah dalam mengembangkan lingkungan berbasis
teknologi pada era digital di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung. 3) Untuk
mendeskripsikan apa saja hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam
mengembangkan lingkungan belajar berbasis teknologi pada era digital di
Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam dengan Kepala Madrasah, wakil kepala, dan guru, serta observasi
partisipatif dan analisis dokumen terkait kebijakan sekolah.
Hasil penelitian : 1) Ada tiga strategi inti yang dijalankan oleh Kepala MA
Wahid Hasyim Balung, yaitu: penguatan sarana prasarana, peningkatan
kompetensi guru, dan integrasi teknologi. 2) penerapan kepala madrasah dalam
mengembangkan lingkungan berbasis teknologi pada era digital difokuskan pada
tiga dimensi utama implementasi yaitu penguatan infrastruktur, pengembangan
sumber daya manusia (SDM), dan integrasi sistem, serta relevansinya terhadap
peningkatan literasi digital siswa. 3) Ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh
kepala madrsah yakni, keterbatasan sarana dan prasaran teknologi, variatifnya
kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, kendala jaringan internet dan
infrastruktur digital pendukung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Belajar Digital, Era Digital. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Muhammad Nurul Kholisin |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:19 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:19 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
